Biaya Perbaikan Mobil Matik yang Kena Banjir Lebih Mahal dari Manual

Kompas.com - 09/06/2020, 19:55 WIB
Pengendara sepeda motor saat menuntut motornya yang mogok karena terendam banjir di jalan Yos Sudarso Semarang, Kamis (4/6/2020). KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAPengendara sepeda motor saat menuntut motornya yang mogok karena terendam banjir di jalan Yos Sudarso Semarang, Kamis (4/6/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir rob yang terjadi di kawasan Jakarta Utara, Pantai Mutiara Sabtu lalu menyebabkan, beberapa kendaraan terendam banjir.

Kondisi seperti itu tentu menyulitkan para pemilik mobil, khususnya pemilik mobil matik.

Owner Worner Matic, bengkel spesialis matik, Hermas Efendi Prabowo, mengatakan, biaya servis atau perbaikan pada mobil matik memang lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual.

Baca juga: Inreyen Masih Berlaku pada Mobil Keluaran Terbaru?        

“Hal ini karena, mobil manual perpindahan giginya dilakukan secara mekanis. Sedangkan pada mobil matik, perpindahannya dilakukan elektrik dengan dukungan modul kontrol atau TCM (Transmission Control Module),” ujar Hermas, saat dihubungi Kompas.com.

Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik

Hermas menambahkan, terdapat dua komponen yang tidak ada di transmisi manual tetapi ada di transmisi matik, yaitu kelistrikan matik dan TCM.Tentu pengecekan dan perbaikan dua komponen tersebut memiliki biaya tambahan.

Baca juga: Permenhub 41, Bus AKAP Boleh Bawa Penumpang 70 Persen                     

Namun, ketika bicara kisaran harga, Hermas mengatakan, tergantung dari tipe mobil matiknya.

“Biasanya, untuk kisaran harga berada di angka Rp 5 jutaan hingga Rp 15 jutaan. Sebab, ada perbedaan nilai investasi teknologi matik dan non matik dari aspek kelistrikan dan komputer,” katanya.

Oleh sebab itu, penanganan yang tepat waktu dan orang yang tepat sangat diperlukan untuk mencegah kerusakan semakin parah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X