Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Kargo, Jadi Pertahanan Terakhir PO Bus Kala Pandemi

Kompas.com - 02/05/2020, 03:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah mencoba membuka kursus menyetir bus, PO Sumber Alam melakukan pertahanan terakhir demi usahanya tetap berjalan menjadi kendaraan niaga angkutan barang. Upaya ini dilakukan demi mempertahankan pemasukan demi napas operasional perusahaan otobus (PO).

Penurunan jumlah pendapatan sudah berlangsung sejak diumumkannya virus corona sebagai kejadian luar biasa (KLB). Lalu semakin parah dengan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan adanya larangan mudik.

PO bus harus memutar otak agar bisa tetap mendapatkan penghasilan. Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam, mengatakan, pengiriman dengan bus akan dijalankan kembali mulai minggu depan.

Baca juga: Ekonomi Terdampak, Kemenhub Bahas Lagi Aturan Larangan Mudik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

<PERIHAL: PAKET CEPAT KINI BERAKSI> Dikejar waktu? Takut ga sempet? Udah serahin paketmu sama #OBLEXPEDISI aja! Paket aman sampai di tujuan dalam hitungan jam ???? #obl #mercedesbenz #airsuspension #photobuskita #fotobusindonesia #forbiscom #eatsleepbusindo #bismaniacommunity #bisgaleryindonesia #bismaniabinjai #bisphotogram #busmaniacom #batambuslover #galerybisindones #sukafotobisindonesia #sukafotobis #sumatrabisser #medanbisser #officialbusindonesia #official_bus_indonesia #like4like #likeforlike #like4follow #likeforlikes #likeforfollow #instalike #safaridharmaraya @safaridharmasakti @obl.safaridharmaraya @official_fotobus_indonesia @bismania.binjai @ayonaikbiscom @bissumatera @batambuslover @eatsleepbusindo @indobuskita @sumatrabisser @sukafotobis @buscampindonesia @bus_indonesiaa

A post shared by PO. Safari Dharma Raya (@safaridharmasakti) on Apr 27, 2020 at 11:14pm PDT

 

“Kalau kemarin masih ikut bus penumpang kirim barangnya. Senin depan mulai yang khusus untuk bawa barang saja,” ucap Anthony kepada Kompas.com, Kamis (30/4/2020).

Armada yang digunakan sebagai kendaraan untuk mengantar barang yaitu mikrobus dan bus besar. Untuk mikrobus, kursi penumpang bagian belakang dicopot, sehingga ada ruang yang luas untuk membawa barang.

Baca juga: Mengapa Banyak Bus dan Truk yang Menepi di Pinggir Jalan?

“Untuk bus, tidak dicopot kursinya, nanti barangnya diletakkan di kabin,” kata Anthony.
Tujuan pengantaran barangnya, Anthony mengatakan kalau saat ini hanya melayani Yogyakarta – Jakarta. Untuk letak drop point di Jakarta, hanya di Pondok Ungu dan Ciledug saja.

Nampaknya layanan pengiriman barang ini juga mulai diikuti oleh PO lainnya. Seperti yang dilakukan oleh PO Safari Dharma Raya dan Harapan Jaya. Melalui instagram PO Safari Dhrama Raya, melayani pengiriman paket cepat.

Destinasi pengirimannya meliputi Jakarta, Semarang, Temanggung, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang. Namun tidak menerima pengiriman berupa makanan, durian, flora dan fauna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com