Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Kembangan Ban Mobil Bagian Depan dan Belakang Berbeda

Kompas.com - 31/03/2020, 07:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kembangan atau pola tapak ban mobil depan dan belakang tidak sama. Hal ini dilakukan sebab, ban depan dan belakang memiliki fungsi yang berbeda sesuai kebutuhan.

Panji Ardiansyah, Technical Support PT Multistrada Arah Sarana, produsen ban Achilles, menjelaskan, kembangan dan depan berfungsi untuk daya cengkram sedangkan ban belakang slide di tikungan.

Baca juga: Isi Ban Mobil dengan Cairan Anti Bocor, Bisa Ganggu Balans

"Ban depan untuk daya cengkram dan berguna sebagai pemecah air. Maka itu desain kembangannya beda. Sementara ban belakang, untuk slide, dibutuhkan ketika di tikungan," ujar Panji kata Kompas.com, belum lama ini.

ban mobil baruKompas.com/Fathan Radityasani ban mobil baru

Kembangan ban belakang, lanjut Panji, dirancang agar dapat mengakomodir tugasnya sebagai tempat tumpuan energi yang disalurkan oleh mesin dan juga beban dari mobil tersebut.

"Ban belakang juga memiliki fungsi membuat mobil lebih stabil saat diajak berkendara," kata Panji.

Panji mengatakan, kembangan ban depan dan belakang tidak boleh dibuat sama karena akan berdampak saat mobil melewati tikungan dan saat kondisi permukaan jalan basah.

"Dampaknya ketika melaju di tikungan, mobil akan menjadi tidak stabil ketika menikung. Jika kondisi jalan basah, pembuangan air juga jadi tidak maksimal. Sehingga, jalanan terasa licin," ujar Panji.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com