Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Mengurangi Flek pada Kaca Mobil

Kompas.com - 22/03/2020, 15:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca mobil merupakan salah satu bagian yang tak lepas dari masalah. Apalagi kalau kendaraan tersebut menjadi rekan atau alat angkut utama yang selalu digunakan dalam berbagai kondisi cuaca.

Yomin Sugianto, punggawa Yoong Motor menyatakan, masalah yang sering timbul pada kaca ialah hadirnya flek maupun jamur. Pada kondisi tertentu, bahkan membuat pandangan pengemudi terbatas di malam hari.

"Flek merupakan jenis gangguan pada kaca yang kerap ditemui di mobil-mobil saat ini. Itu disebabkan karena penggunaan obat jamur yang tidak bagus, shampoo mobil (termasuk wax), maupun pemakaian dan terkena asap kendaraan yang berbahan bakar solar," katanya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tips Power Window Panjang Umur, Jangan Parkir Sembarangan

Ilustrasi kaca mobil kusamsoloraya.com Ilustrasi kaca mobil kusam

Pada siang hari, lanjut Yomin, mungkin kaca akan terlihat normal saja atau tidak ada gangguan. Namun ketika sudah memasuki malam hari, pandangan jadi terasa diganjal atau tidak jernih.

"Kemudian biasanya kalau habis hujan atau terkena air baru terlihat bintik-bintiknya," ujar dia.

"Oleh sebab itu, lebih baik kurangi pakai obat jamur pada kaca mobil maupun wax yang biasa ada di tempat cuci mobil. Merawat kaca agar tetap jernih itu mudah, bisa pakai kompon," ucap Yomin.

Hanya saja, pengaplikasian perawatan kaca mobil menggunakan kompon mobil tidak mudah. Sebab, kaca akan menjadi sedikit berminyak dan perlu kesabaran untuk membersihkannya.

"Kesulitannya adalah membersihkannya, karena pasti kaca akan seperti berminyak. Atau kalau ingin yang praktis, bisa perawatan kaca mobil di tempat yang memang sudah terjamin atau spesialis," katanya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com