Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Harap Ada MPV Lagi dari Mazda

Kompas.com - 25/02/2020, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Di Indonesia, Mazda semakin mantap memasarkan model-model Sport Utility Vehicle (SUV). Sebab, segmen ini dianggap lagi tinggi peminatnya di Indonesia, dibandingkan dengan yang lain, termasuk Multi Purpose Vehicle (MPV).

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, kapan Mazda akan meluncurkan lagi mobil di kelas MPV. Di kelas ini, sebenarnya juga permintaannya masih cukup banyak, meski dianggap tidak sebanyak SUV bagi Mazda.

Baca juga: Mengenal Fitur Canggih di Mazda CX-30

Fedy Dwi Parleksono, Head of Departement Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), mengatakan, Mazda tidak lagi memproduksi mobil di segmen MPV. Keputusan ini datang langsung dari prinsipal (Mazda Corporation).

Mazda Biante Limited EditionDonny Apriliananda/KompasOtomotif Mazda Biante Limited Edition

"MPV sudah diskontinu, secara global, Mazda tidak lagi mengembangkan mobil sekelas MPV, baik itu Mazda5, Mazda8, dan Mazda Biante," ujar Fedy, di sela-sela Media Drive Mazda CX-30 ke Ciwidey, Bandung Selatan, Senin (24/2/2020).

Menurutnya, Mazda Corporation melihat secara global bahwa permintaan yang tinggi saat ini ada di kelas SUV, mengikuti pasar global.

Baca juga: Bagaimana Nasib Mazda Biante di Indonesia?

Terakhir kalinya Mazda bermain di kelas MPV adalah dengan Mazda Biante, tepatnya tahun 2018. MPV mewah yang diluncurkan pertama kali di 2012 ini memang penjualannya tidak begitu bagus di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com