[POPULER OTOMOTIF] Truk ODOL Kuras Uang Negara | Pembatasan Motor di Jalan Nasional Terus Dibahas

Kompas.com - 25/02/2020, 06:02 WIB
Kemenub mulai lakukan normalisasi truk yang kelebihan dimensi dengan cara dipotong KOMPAS.com/RulyKemenub mulai lakukan normalisasi truk yang kelebihan dimensi dengan cara dipotong

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi yang masih menjadi perhatian masyarakat, yaitu tentang truk kelebihan dimensi dan muatan (Over Dimension and Over Load/ODOL). Dampaknya bukan hanya menimbulkan kecelakaan, tetapi juga menguras kas negara.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya lagi soal wacana pembatasan sepeda motor melintas di jalan nasional. Rumors ini terus dibahas oleh Komisi V DPR RI.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Senin 24 Februari 2020:

1. Tak Hanya Kecelakaan, Truk ODOL Juga Kuras Uang Negara

Razia ODOL di Jagorawi Razia ODOL di Jagorawi

Seperti diketahui, dampak dari kendaraan angkutan niaga yang over dimension over loading ( ODOL) tak hanya berkaitan dalam hal keselamatan, tetapi juga kerugian infrastruktur yang berujung pada terkurasnya uang negara.

Menurut pengamat transportasi Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Djoko Setijowarno, cukup banyak infrastruktur jalan yang rusak akibat dilalui truk yang memiliki dimensi dan berat tak sesuai aturan.

"Dampak ODOL tak hanya dirasakan pemerintah pusat di jalan nasional, tapi juga pemerintah daerah (pemda) yang punya wewenang membangun dan memelihara jalan kota, jalan kabupaten, dan jalan provinsi," ucap Djoko yang juga Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, dalam keterangan resminya, Minggu (23/2/2020).

Baca juga: Tak Hanya Kecelakaan, Truk ODOL Juga Kuras Uang Negara

2. Bikin Toyota Avanza Tambah Nyaman Pakai Captain Seat

Toyota Avanza memakai jok captain seat pada baris keduanyaFerari Jok Toyota Avanza memakai jok captain seat pada baris keduanya

Toyota Avanza merupakan salah satu model terlaris di segmen Low MPV. Sejumlah ubahan dilakukan Toyota untuk membuat mobil ini tampil lebih menarik.

Namun buat Anda pemilik Avanza yang ingin membuat mobil tampak lebih mewah dan lebih nyaman, khususnya bagi penumpang belakang, tak ada salahnya untuk menyematkan captain seat di jok baris kedua.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X