Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Ini Bagian Kaki-kaki yang Rawan Rusak Saat Musim Hujan

Kompas.com - 24/02/2020, 14:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim hujan membuat pemilik mobil harus lebih rajin melakukan perawatan. Sebab jika lama dibiarkan, air dapat membuat beberapa komponen mobil rentan mengalami kerusakan.

Salah satunya bagian kaki-kaki yang kerap luput dari perhatian. Seperti kita ketahui, air hujan mengandung asam yang dapat menyebabkan komponen logam terkena karat atau korosi.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian, mengatakan, bekas air hujan yang menempel lama-kelamaan akan mengoksidasi bagian kaki-kaki.

Baca juga: Tak Hanya Kecelakaan, Truk ODOL Juga Kuras Uang Negara

Ilustrasi sokbreker mobilwww.kwikkarrichardson.com Ilustrasi sokbreker mobil

“Bagian kaki-kaki biasanya jarang dibersihkan pemilik mobil, lantaran posisinya yang berada di bawah mobil,” ucap Deni kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurutnya, bagian sokbreker, pengereman, tie rod, bushing arm, bearing, sampai pelek jadi sasaran karat.

“Beberapa pabrikan memang sudah menyemprotkan cat khusus dengan anti karat, namun jika mobil sudah berumur dan sering dihinggapi air bukan tak mungkin lapisan tersebut rusak,” kata Deni.

Baca juga: Bikin Toyota Avanza Tambah Nyaman Pakai Captain Seat

Cuci kolong mobil saat musim hujanSetyo Adi/Otomania Cuci kolong mobil saat musim hujan

Di samping itu, saat air mengering, sisa endapan pasir yang terbawa hujan bisa masuk ke bagian as sokbreker. Kalau lama dibiarkan, as sokbreker bisa baret dan menyebabkan kebocoran.

Selain sokbreker, endapan pasir juga bisa menggores piringan cakram. Sementara bagian bearing roda yang sering terkena air hujan dapat menghilangkan lapisan gemuk di bantalan bola bearing.

“Biasanya kalau bukan air hujan yang menyebabkan karat, yang bikin rusak itu sisa-sisa endapan pasir yang menempel di komponen kaki-kaki,” ujar Deni.

“Caranya memang harus dirontokkan menggunakan air bertekanan sesampainya di rumah, lumayan untuk merontokkan pasir dan menghapus sisa air hujan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com