Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bekas Motor Sport Model Ayam Jago Anjlok

Kompas.com - 25/01/2020, 07:32 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren sepeda motor sport beberapa tahun belakangan hanya model naked atau full fairing, termasuk juga yang model ayam jago.

Padahal, beberapa tahun yang lalu, motor sport model ayam jago bisa dibilang cukup banyak peminatnya. Salah satunya yang sukses di pasaran, yaitu Suzuki Satria F-150 atau Satria FU.

Baca juga: Ini Deretan Skutik Murah yang Harga Bekasnya Anjlok

Kesuksesan Satria FU di pasaran bahkan sampai membuat Honda ikutan ingin menikmati kesuksesan dari menjual motor sport model ayam jago. Honda pun meluncurkan Sonic 150R.

Suzuki New Satria FU 150 (kiri) dan Honda New Sonic 150 R saat uji berkendara di halaman Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Senin (14/9/2015).KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suzuki New Satria FU 150 (kiri) dan Honda New Sonic 150 R saat uji berkendara di halaman Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Senin (14/9/2015).

Kedua motor ini sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 150 cc dengan 6 percepatan. Namun, keduanya ternyata juga punya harga bekas yang sama-sama anjlok.

"Motor sport Honda yang harganya anjlok itu Sonic 150R. Kalau yang lain, cenderung masih normal," ujar Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor, di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Tim Kompas.com mencoba mencari tahu harga bekas dari kedua motor sport ayam jago tersebut dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber.

Baca juga: Deretan Motor Bebek yang Harga Bekasnya Anjlok

Harga baru Sonic 150R sekarang ini ada di angka Rp 23.249.000 (OTR Jakarta) dan Rp 23.649.000 (OTR Jakarta). Sedangkan harga bekasnya, sudah ada di kisaran Rp 13 jutaan untuk tahun produksi 2018.

"Satria juga turun sekali harga bekasnya. Turunnya bisa hampir setengahnya dari harga baru," kata Wira Gunawan, dari diler motor bekas Wira Mandiri Motor, di bilangan Depok, Jawa Barat.

Sementara saingannya, Satria FU, harga barunya ada di angka Rp 24.795.000 (OTR Jakarta). Untuk harga bekasnya, tahun produksi 2018, ada di kisaran Rp 11 jutaan hingga Rp 13 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com