Ini Deretan Skutik Murah yang Harga Bekasnya Anjlok

Kompas.com - 23/01/2020, 09:42 WIB
Mio S. Ghulam/KompasOtomotifMio S.

JAKARTA, KOMPAS.com - Praktis, irit, dan harga terjangkau, membuat sepeda motor matik atau skutik di kelas entry level disukai banyak orang. Meskipun peminatnya tinggi, tapi ada juga beberapa model yang harga bekasnya anjlok.

Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, di tempatnya Yamaha Mio series rata-rata anjlok semua harga bekasnya.

Baca juga: Ini 5 Skutik Bekas yang Dijual di Bawah Rp 5 Jutaan

"Mio rata-rata anjlok semua, mau itu Mio S, Mio Z, atau Mio M3 125," ujar Darwin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Yamaha Mio Z punya ban lebih lebar ketimbang Mio M3.Otomania-Donny Apriliananda Yamaha Mio Z punya ban lebih lebar ketimbang Mio M3.

Tim Kompas.com pun mencoba mengumpulkan data dari berbagai sumber mengenai harga bekas skutik entry level tersebut, baik dari diler motor bekas maupun situs jual beli online.

Mio S saat ini harga barunya ada di angka Rp 16.780.000 (OTR Jakarta). Sedangkan harga bekasnya, untuk yang keluaran tahun 2019 ada di kisaran Rp 11,5 jutaan. Belum ada satu tahun, penurunannya sudah mencapai Rp 5 jutaan.

Sedangkan Mio Z, Yamaha membanderolnya Rp 15.800.000 (OTR Jakarta). Harga bekasnya untuk produksi 2017 sudah ada di kisaran Rp 8,5 jutaan.

Baca juga: Intip Harga Honda Vario 150 Bekas, Mulai Rp 17 Jutaan

Untuk Mio M3 125, ada dua tipe, Mio M3 125 standar dan Mio M3 125 AKS SSS. Tipe standar, harga barunya sekarang Rp 16.215.000 (OTR Jakarta). Sedangkan tipe AKS SSS, dijual Rp 17.135.000 (OTR Jakarta).

Harga bekasnya untuk tipe standar, ada di kisaran Rp 11 jutaan hingga Rp 12 jutaan, untuk tahun produksi 2019. Lagi-lagi, belum ada satu tahun penurunannya sudah mencapai Rp 5 jutaan.

Sementara Suzuki Nex II juga cukup anjlok. Harga barunya Rp 15.750.000 (OTR Jakarta). Banderol bekasnya untuk tahun 2018 ada di kisaran Rp 10 jutaan.

"Kalau Suzuki, saya jarang atau bahkan tidak pernah jual sepertinya. Soalnya, yang mencari juga sedikit. Saya lebih baik jual yang banyak peminatnya saja," kata Yosia Hermanto, dari diler motor bekas Talenta Motor di bilangan Palmerah, Jakarta Selatan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X