Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Honda Civic Type-R Lawas Menolak Tua

Kompas.com - 15/01/2020, 09:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain deretan mobil baru, ada pula beberapa mobil lawas yang diracik ulang dan tampil mempesona di ajang Tokyo Auto Salon 2020. Contohnya, Honda Civic Type-R generasi awal hasil rancang bangun Honda Access.

Modifikasi yang dilakukan boleh dibilang cukup menyeluruh, bahkan melansir dari Carscoops.com, sektor bodinya pun dikemas ulang dengan tema Civic Cyber Night Japan Curiser.

Civic Type-R lansiran 1999 yang dikenal juga EK9 ini, dibangun sebagai perwujudan interprestasi konsep modern dari bentuk aslinya berdasarkan referensi anak muda di Jepang.

Baca juga: Kangen Paul Walker? Coba Lihat Transformasi Lexus Jadi Supra Ini

Menariknya, meski bagian interior telah disematkan body kit untuk mendongkrak aura modern, tapi tak sampai menghilangkan jejak desain aslinya yang retro. Sektor bagian depan diberikan sentuhan baru dari model bumper dan gril, namun kesan EK9 tetap terlihat.

Modifikasi Honda Civic Type-R EK9 Modifikasi Honda Civic Type-R EK9

Sektor pencahayaan sudah dibenahi dengan menggunakan LED baik pada bagian depan maupun belakang. Honda Access juga membuat tampilan kap mesin sedikit lebih memanjang, efeknya desain gril menjadi lebih kecil dari aslinya, namun demikan proposisi desain masih cukup apik untuk dilihat.

Bagian samping tak mendapat ubahan radikal. Namun guna memberikan kesan berbeda, maka diberikan beberapa sentuhan baru, seperti garis moulding hitam yang membentang dari depan hingga belakang senada dengan side skirt-nya.

Baca juga: Pakai Roof Box dan Ban Gambot, Jimny Makin Asyik Diajak Berpetualang

Modifikasi Honda Civic Type-R EK9 Modifikasi Honda Civic Type-R EK9

Sementara, sektor kaki-kaki meminjam milik Honda Insight Hybrid berwaran hitam pekat. Bagian belakang dipercantik dengan beberapa ornamen baru, seperti iluminasi bertuliskan Civic pada bagian tengan juga rombakan lubang knalpot yang dibuat menyamping berada tepat di bawah bumper.

Kesan modern juga ditularkan sampai ke bagian interior, namun demikian tak sampai benar-benar dirombak habis. Sentuhan baru hanya diberikan pada sistem hiburan, kemudian panel instrumen cluster digital hasil copotan S660, serta aplikasi jok Recaro.

Modifikasi Honda Civic Type-R EK9 Modifikasi Honda Civic Type-R EK9

Sayangnya, tak ada informasi soal spesifikasi teknis dari mesin yang digunakan. Apakah masih mengusung mesin berkubikasi 1.600 cc VTEC aslinya, atau justru telah diganti menggunakan generasi terbar dari Type R. Bisa juga ternyata hot hatchback ini sudah dibekali motor elektrik!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com