Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Haru Lorenzo di Balapan Terakhir GP Valencia

Kompas.com - 17/11/2019, 21:15 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

VALENCIA, KOMPAS.com - MotoGP Valencia 2019 menjadi momen mengharukan buat Jorge Lorenzo. Balapan ini merupakan balapan terakhirnya setelah memutuskan pensium musim depan.

Tim Repsol Honda pun memberikan penghargaan buat Lorenzo dengan menuliskan 'Thank You Jorge' di time board saat pebalap Spanyol tersebut akan finis.

Baca juga: Marquez dan Lorenzo Bawa Nama Afridza Munandar di MotoGP Valencia

Lorenzo juga sempat menyapa fans di pinggir lintasan. X-Fuera membawa bendera kebanggaannya dengan bertuliskan Lorenzo Land dan turun dari moto.

Kemudian pebalap bernomor 99 ini menancapkannya di salah satu sudut trek.

17 Tahun Karier Balap Jorge LorenzoKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo 17 Tahun Karier Balap Jorge Lorenzo

Lorenzo pensiun setelah 17 tahun berkarir di dunia balap. Dia merupakan pemegang lima kali gelar juara dunia. Kelas 250cc pada 2006 dan 2007. Serta tiga kali juara dunia MotoGP pada 2010, 2012, dan 2015.

Lorenzo mengalami penurunan performa setelah hengkang dari Yamaha pada akhir 2016. Pada 2017 Lorenzo berlabuh di pabrikan Italia, Ducati. Namun selama mengaspal bersama Ducati, Lorenzo mengalami kesulitan untuk memenangi balapan.

Pada musim 2017, ia hanya finish di posisi ketujuh klasemen akhir. Pada musim berikutnya, posisi Lorenzo pun melorot ke peringkat sembilan.

Baca juga: Lorenzo Fokus Hadapi Balap Terakhir di MotoGP

Musim 2019, Lorenzo bergabung dengan Repsol Honda menggantikan Dani Pedrosa. Kehadiran Lorenzo ke Honda sempat membuat heboh dan dijuluki The Dream Team. 

Jorge Lorenzo mulai frustasi usai GP JerezFoto: Autosport Jorge Lorenzo mulai frustasi usai GP Jerez

Namun sayang ungkapan itu tak terbukti. Lorenzo nyatanya sulit beradaptasi dengan Honda RC213V.

Baca juga: Marquez dan Lorenzo Bawa Nama Afridza Munandar di MotoGP Valencia

Dia bahkan sempat datang ke Jepang minta saran kepada para insinyur Honda supaya bisa lebih cepat. Namun semusim bersama Honda dia tak pernah masuk 10 besar.

Kejadian tak terduga terjadi saat latihan bebas di Assen, Belanda. Lorenzo jatuh dan membuat punggungnya cedera. Dia sempat absen dan kecelakaan itu membuat fisik dan mentalnya makin turun.

Lorenzo resmi mengumumkan pensiun lewat konferensi pers sebelum GP Valencia, Kamis (14/11/2019)). Sebelumnya, kabar soal pensiunnya Jorge Lorenzo sebenarnya sudah merebak semenjak sang pebalap terus mengalami kesulitan di Repsol Honda.

"Saya akan pensiun sebagai pebalap profesional. Saya mulai berpikir pensiun setelah kecelakaan di Assen. Namun, saya tidak mau membuat keputusan terlalu dini," kata Lorenzo mengutip MotoGP.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com