Desain Audio Kia Terlihat Kaku, Ada Alasannya - Kompas.com

Desain Audio Kia Terlihat Kaku, Ada Alasannya

Setyo Adi Nugroho
Kompas.com - 13/10/2017, 13:42 WIB
Interior Kia Grand SedonaOtomania Interior Kia Grand Sedona

Jakarta, Kompas Otomotif - Kia Mobil Indonesia (KMI) hadir dengan beragam produk baru dalam kurun waktu satu tahun belakangan. Sesuai strategi global, KMI menghadirkan produk-produk dengan desain terbaru dan fitur terlengkap.

Namun salah satu bagian yang kerap jadi perhatian adalah desain head unit pada dashboard masing-masing produk. Kia masih memberikan desain konvensional dengan beragam tombol dan layar monokrom yang tidak terlalu besar.

Berbeda bila melihat desain dashboard dan head unit kebanyakan produk kendaraan saat ini yang sederhana dengan layar sentuh berukuran besar. Ternyata ini ada alasannya.

"Memang kita membawa seperti yang ada di Kia global. Alasannya agar kegiatan berkendara tidak terganggu," ucap Tonny Saptono, Senior Intructur dan Product Development PT Kia Mobil Indonesia (KMI) beberapa waktu lalu.

Baca : Kia Rio Generasi Ke-4 Meluncur di IIMS 2017

Tonny mengungkapkan, desain ini yang disetujui Kia untuk produk global mereka. Penggunaan layar sentuh misalnya tidak direkomendasikan saat berkendara karena terlalu banyak konsentrasi terbagi untuk memilih menu, hiburan dan lainnya.

Namun bukan berarti audio Kia ketinggalan jaman. Beragam fitur untuk memudahkan konektifitas dan kegiatan dengan telepon genggam diberikan. Pemilihan media, telepon, serta operasi audio dapat dilakukan dengan tombol pada lingkar kemudi.

"Varian GT Ultimate pada Sportage terbaru misalnya, itu juga sama. Itu varian tertinggi, di Korea bentuknya juga seperti itu. Tidak berubah untuk faktor keselamatan," ucap Tonny.

Interior Kia All New SportageKompasOtomotif Interior Kia All New Sportage

PenulisSetyo Adi Nugroho
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM