Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Otomotif Baru dan yang Bangkit di 2019

Kompas.com - 14/01/2019, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi bahwa pasar otomotif sepanjang 2019 ini, kurang lebih mirip seperti 2018. Total penjualan mobil baru pun ditargetkan tembus sekitar 1,1 juta unit.

Kondisi itu juga kurang lebih berlaku untuk penjualan sepeda motor baru sepanjang tahun ini, yang ditargetkan serupa dengan tahun lalu, yakni sekitar 6 juta hingga 6,3 juta unit.

Bahkan, meski ini merupakan tahun politik tetapi diyakini tidak memberikan dampak negatif untuk industri otomotif sehingga pasar tetap kondusif.

Baca juga: Lambretta Balik Lagi ke ASEAN, Masuk ke Indonesia?

Apabila dibandingkan dengan tahun lalu, pada 2019 ini banyak yang berbeda. Paling utama, yakni ada beberapa merek baru hingga mencoba bangkit lagi untuk bersaing di pasar otomotif nasional. Kumpulan informasi ini coba dirangkum dalam sajian yang tentu saja masih prediksi sifatnya.

Merek Roda 2

Skuter LambrettaPaultan Skuter Lambretta

Salah satu yang menjadi pusat perhatian pecinta skuter legendaris, yakni informasi mengenai kembalinya merek Lambretta ke ASEAN. Lambretta juga mau hadir lagi di Indonesia dengan membawa dua model, yaitu V200 dan V125.

Kedua model itu merupakan jagoan Lambretta di ASEAN, seperti yang sudah diluncurkan akhir tahun lalu di Thailand.

Merek Roda 4

SUV Proton X70Paultan SUV Proton X70

Berbeda dengan merek motor, untuk mobil kebanyakan yang terlahir kembali, seperti Proton, hingga Renault. Dimulai dari merek otomotif asal Malaysia, yang rencananya tahun ini akan eksis lagi melalui beberapa produk baru.

Belum lagi, Proton juga dikabarkan akan mengikuti dua pameran otomotif, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) dan juga GIIAS 2019.

Baca juga: Tahun Depan Proton Bawa X70 ke Indonesia

Berbeda dengan Proton, Renault informasinya akan berganti status kepemilikan agen pemegang merek (APM). Rumors dari Group Indomobil akan diambil alih oleh Nusantara Group.

Nah, sangat menarik bukan dan patut ditunggu gebrakan-gebrakan dari beberapa merek otomotif itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com