Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMMDes Resmi Diuji Coba Petani Magelang

Kompas.com - 25/10/2018, 17:46 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum diproduksi massal, Alat Mekanisme Multiguna Pedesaan (AMMDes) produksi Kiat Mahaesa Wintor Indonesia (KMWI) resmi menjalani uji coba, Kamis (25/10/2018).

Proses pengetesan dilakukan dengan memberikan satu unit AMMDes kepada petani di Magelang yang biasa menjalani aktifitas tani menggunakan kendaraan model konvensional yang disebut gerandong.

Penyerahan AMMDes dilakukan oleh Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) Sukiat, bersama dengan Presiden Director Presiden KMWI Reiza Treistanto dibengkal Kiat Motor, Klaten, Jawa Tengah.

"AMMDes dibuat untuk membantu aktifitas yang berkaitan dengan peningkatan dan pertumbuhan perekonomian desa. Hari ini kami serahkan satu unit menjalani uji coba yang langsung digunakan para petani," ucap Kiat saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (25/10/2018).

Baca juga: Produksi AMMDes Libatkan Petani Desa

Lebih lanjut Kiat menjelaskan bila uji coba dengan petani akan dilakukan hingga akhir Desember 2018. Sementara untuk unit yang diberikan telah dilengkapi dengan alat penggiling padi.

Sukiat serahkan satu unit AMMDes ke petani Magelang- Sukiat serahkan satu unit AMMDes ke petani Magelang

Dari uji coba ini, Kiat mengatakan siap menerima evaluasi apapun bila ada kekurangan yang dirasakan oleh para petani. Karena hal ini akan menjadi masukan sebelum diproduksi awal 2019 mendatang.

"AMMDes ini kendaraan multiguna yang bisa difungsikan sebagai transportasi dan pengangkut barang. Kendaraan ini bisa dipadukan dengan berbagai alat pengolahan pasca-panen, genset, pompa air, serta alat produksi lain. Saya harap nantinya dengan AMMDes bisa membangun komitmen untuk mewujudkan kendaraan karya anak bangsa," ucap Kiat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com