Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bocoran Spesifikasi Terbaru Mobil Nasional Esemka

Kompas.com - 09/10/2018, 17:50 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kabar mobil nasional Esemka saat ini kembali mencuat, karena pernyataan Calon Wakil Presiden tandem Joko Widodo, Ma'ruf Amin, yang menyebut mobil nasional itu akan meluncur pada Oktober 2018 ini.

Sebelumnya sempat beredar kabar soal wujud SUV Esemka yang bakal menjadi penantang Pajero Sport dan Fortuner. Namun, hingga saat ini kabarnya masih simpang siur, pasalnya pihak Esemka tak ada yang mau buka mulut.

Kemudian, berdasarkan hasil investigasi KOMPAS.com, ada bocoran baru soal spesifikasi salah satu mobil Esemka, dari sumber yang yang mengetahui proyek tersebut. Dari informasi yang diberikan, satu produk tersebut juga sudah lulus uji tipe pada Agustus 2018 kemarin.

Baca juga: Blusukan ke Pabrik Esemka di Boyolali

Model double cabin Esemka Digdaya.Dari akun Facebook Anindya Tejo Martoyo. Model double cabin Esemka Digdaya.

Soal spesifikasi sendiri, sumber menyebutkan modelnya adalah mobil penumpang dan bukan sedan. Namun dirinya tak memberikan keterangan apakah model MPV atau SUV, yang jelas kapasitasnya sampai 7-penumpang (termasuk pengemudi).

Kemudian terkait dengan mesinnya sendiri berukuran 1.850cc, dengan asupan bahan bakar minyak (BBM) berjenis Solar. Artinya mesin yang digunakan adalah diesel.

Sebenarnya, dari pemberitaan KOMPAS.com pada 2016 lalu ketika mewawancarai pihak Kementerian Perhubungan, ada lima model yang Esemka yang sudah lulus diajukan. Namun sejauh ini, belum ada detail informasi soal jenis kendaraan dan ukuran mesinnya.

Baca juga : Semua Mobil Esemka Sudah Lulus Uji Tipe

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com