Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban Menperin Ketika Ditanya Soal Esemka

Kompas.com - 08/10/2018, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) Sukiat mengatakan bahwa, proyek mobil Kiat Esemka sudah mendekati tahap diskusi final. Bahkan dijadwalkan meluncur setelah proses produksi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) resmi berjalan, mulai Januari 2019.

Sukiat memberikan bocoran bahwa produksi awal Esemka nantinya datang dengan model sport utility vehicle (SUV). Tetapi, SUV yang dimaksud bukan Garuda 1 yang sempat ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu.

Ketika dimintai tanggapan soal itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto tidak menjawab secara spesifik. Dia hanya bilang bahwa yang akan didahulukan dalam waktu dekat ini, yaitu AMMDes.

Baca juga: Jokowi Bicara Soal Esemka di GIIAS

“Kita kan sudah meluncurkan yang namanya AMMDes. Mobil itu perkriteria bukan mobil dengan nama, seperti Esemka,” kata Airlangga pekan lalu kepada Kompas.com di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Baca juga: Rencana Baru Esemka Meluncurkan SUV Masih Ada

Airlangga melanjutkan, perkembangan terkini untuk Esemka masih belum bisa diinformasikan. Tetapi, apabila bicara mengenai AMMDes, sudah sangat jelas dan sesuai dengan fungsinya, yaitu sebagai angkutan perdesaan.

“Jadi kriteria untuk angkut perdesaan sudah kita siapkan. Ini tentunya bagus dan untuk Esemka ditunggu saja,” kata Airlangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com