Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Pertanyakan Kejelasan DP Nol

Kompas.com - 30/08/2018, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SERPONG, KOMPAS.com - Rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan aturan down payment (DP) nol persen untuk pembeliaan kendaraan, mendapat berbagai tanggapan dari kalangan agen tunggal pemegang merek (ATMP). Salah satu yang ikut berkomentar adalah Honda Proespect motor (HPM).

Marketing and After sales Service Director HPM Jonfis Fandy, menjelaskan, bila aturan tersebut diterapkan memang dapat memancing siapapun memiliki kendaraan, namun tetap ada dampak buruknya.

"Peraturannya belum jelas, tapi DP nol persen apa artinya. Kalau dengan nol persen semua orang mau dan bisa beli kendaraan, tapi apa dipikirkan juga nanti bisa membayar tidak tiap bulannya," kata Jonfis  di Serpong, Rabu (29/8/2018).

Baca juga: Alasan Honda Luncurkan HR-V 1.5 Special Edition

Lebih lanjut Jonfis mebeberkan, saat DP dari 25 persen turun ke 15 persen itu sangat membantu, tapi memang tidak terlalu menciptakan pasar yang besar. Sedangkan saat diturunkan lagi ke nol persen ini belum jelas tujuannya untuk apa.

Dari sisi pengaruh, menurut Jonfis hanya untuk di segmen medium low, sementara untuk medium up sendiri tidak akan berdampak apa-apa. Namun balik lagi bila kebijakan itu dijalankan, maka pihak pembiayaan dan bank wajib lebih ketat untuk menyeleksinya.

All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018STANLY RAVEL All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018

"DP nol persen itu seperti anda disuruh beli mobil tapi tidak usah bayar apa-apa dulu. Perusahaan leasing dan bank harus lebih ketat, artinya harus bisa melakukan survei kepada orang-orang yang memang berniat membeli mobil, jangan sampai ambil dulu lalu tidak bisa bayar," ujar Jonfis.

Baca juga: Honda Boyong Brio Terbaru ke Indonesia Timur

Namun begitu, Jonfis melanjutkan, bahwa dari informasi yang didapat, perusahaan pembiayaan banyak yang belum menerima aturan tersebut. Salah satunya karena memang belum ada kejelasan aturan mainnya seperti apa.

"Kalau ditanya mendukung atau tidak, ya itu tadi, DP nol persen itu tidak jelas arahnya mau untuk apa. Kalau memang tetap jadi yah tidak apa-apa, tapi untuk saya itu tidak menjelaskan apa-apa," kata Jonfis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com