Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Hindari Cicilan Model "Ballon Payment"

Kompas.com - 15/05/2018, 09:22 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Suzuki Indomobil Sales (SIS) berusaha mempermudah proses pembelian cicilan All-New Ertiga dengan berbagai cara. Namun ada satu skema cicilan yang dihindari SIS yaitu ballon payment.

Beda dari cicilan biasa yang angka angsurannya tetap sepanjang tenor, skema ballon payment membuat pembayaran cicilan ringan selama tenor tertentu kemudian sisa hutang dilunasi belakangan.

Ada beberapa cara yang bisa ditawarkan perusahaan pembiayaan (leasing) untuk pelunasan, yakni memperpanjang cicilan, bayar lunas, atau trade-in dengan mobil baru.

Setiawan Surya, Deputy Managing Director SIS, menjelaskan, pada skema ballon payment memang terlihat ringan di awal. Misalnya cicilan selesai dua sampai tiga tahun, namun konsumen harus menyesuaikan kondisi keuangan untuk pelunasan.

Baca juga: Usaha Suzuki Agar Cicilan dan Biaya Kepemilikan Ertiga Kompetitif

All New Ertiga diperkenalkan Suzuki pertama kalinya di IIMS 2018 Kamis (19/4/2018)Kompas.com/Setyo Adi All New Ertiga diperkenalkan Suzuki pertama kalinya di IIMS 2018 Kamis (19/4/2018)

Pola seperti itu dinilai tidak efisien. Menurut Setiawan lebih efektif bila konsumen mengambil tenor panjang dari leasing ketimbang ballon payment.

“Memang kami di Suzuki menghindari sebetulnya ballon payment, karena kalau dihitung biaya. terlihat ringan di awal, tetapi ternyata sisa hutangnya masih besar, jadi misalnya dia harus memperpanjang lagi,” kata Setiawan.

Meski menghindari, Setiawan mengatakan konsumen bisa saja mendiskusikan cara pembayaran ballon payment dengan pihak leasing,. Namun, ballon payment tidak ditawarkan dalam paket reguler yang ditawarkan.

“Kalau ditanya bisa apa enggak ya bisa. Ini istilahnya di luar paketan kredit tinggal bicara dengan leasing. Tapi bukan paket, lebih individu,” ucap Setiawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com