Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2018, 11:02 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Indomobil Sales (SIS) seolah menolak tren yang terjadi di pasar taksi saat ini, sebab All-New Ertiga dikatakan bukan untuk taksi. Belakangan, para perusahaan taksi justru sedang mencari low MPV sebagai taksi menggantikan model ikonis sedan.

“Kami jelas, All-New Ertiga bukan untuk taksi, kalau taksi online tidak bisa kami batasi. Karena dari awal kami tidak seting produk kami untuk taksi,” kata Direktur Pemasaran SIS Donny Saputra, di Tangerang Selatan, Jumat (11/5/2018).

Pembelian All-New Ertiga sebagai taksi online tidak bisa dibatasi karena sebagian kalangan pembelinya atas nama pribadi. Sedangkan untuk taksi biasanya punya spesifikasi khusus dan dibeli perusahaan taksi tanpa PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah).

Baca juga : Wuling Tak Gengsi Confero Jadi Angkot atau Taksi

Interior All New Ertiga juga mengalami perubahan signifikanKompas.com / Setyo Adi Interior All New Ertiga juga mengalami perubahan signifikan

Sedan disadari memudar dari pasar taksi. Disitat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), selama tiga bulan pertama tahun ini, tidak ada satupun penjualan sedan untuk taksi.

Pada 2017 cuma Nissan yang menjual sedan Almera sebagai taksi 917 unit dan Hyundai dengan Excel III sebanyak 21 unit. Sedangkan pada 2016, Toyota menjual Limo 2.350 unit bersama Hyundai dengan Excel III 58 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com