Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon Mobil Baru Gencet Jualan Mobil Bekas

Kompas.com - 19/04/2018, 08:42 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Faktor yang mempengaruhi penjualan mobil bekas alias mobkas cukup banyak. Salah satunya, yaitu diskon mobil baru, jika nominalnya besar maka berpengaruh pada harga jual model tersebut.

Sebagai contoh, President Director Mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan menjelaskan, diskon pada segmen low multi purpose vehicle (LMPV) seperti Avanza dan lain sebagainya. Apabila didiskon sampai puluhan juta rupiah, maka harga di pasar mobkas akan turun.

"Karena kalau tidak kita turunkan harganya, nanti harga yang bekas dengan yang baru bisa sama, kami yang kesulitan menjualnya," ujar Fischer belum lama ini di Jakarta.

Baca juga: Alasan Mobil88 Hanya Jual Mobil Bekas Tahun Muda

Setiap bulan, harga mobkas kata Fischer juga berbeda-beda, tergantung dari situasi potongan harga yang ditawarkan oleh penjual mobil baru. Segmen paling rawan, yaitu LMPV di mana pasar terbesar di Indonesia.

Mobil di segmen "sejuta umat", lanjut Fischer penurunan harga pada tahun pertama sudah 10 persen, tahun selanjutnya lebih kecil, yaitu bisa mencapai delapan atau tujuh persen.

"Kalau diskonnya saja sudah 10 persen, masa kita jualannya sama dengan mobil baru. Pasti kami turunkan, jadi kami harus turunkan dan itu berlaku untuk semua mobil atau segmen," kata Fischer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com