Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Lorenzo di GP Qatar karena Kampas Rem Copot?

Kompas.com - 03/04/2018, 10:41 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Insiden jatuhnya Jorge Lorenzo di GP Qatar masih misteri karena Ducati belum menjelaskan kronologinya lebih detail, hanya dikatakan masalah pada rem. Ducati mengatakan kesalahan ada pada desain bukan seseorang dan kini sedang dipelajari bersama Brembo.

Putaran ke-13 menjadi malapetaka buat Lorenzo. Diungkap Asphalt and Rubber, dia mulai kehilangan salah satu komponen dari salah satu kampas rem depan pada tikungan keempat. Gagal mengerem bikin dia memutuskan untuk lompat saat kecepatan lebih dari 160 kpj di tikungan ke-10.

Baca: Penyebab Lorenzo Gagal Finis di GP Qatar

Usai balapan Lorenzo menjelaskan masalahnya sudah terasa beberapa putaran sebelumnya, sampai akhirnya rusak semua. Dia bilang sudah menekan tuas rem dan semakin mendekati setang. Dia menyadari semuanya selesai saat tinggal mengandalkan rem belakang.

“Kami sedang menginvestigasi hal ini dengan Brembo. Ini bukan seperti kesalahan seseorang. Ini masalah teknis yang kami investigasi dengan Brembo,” ucap bos tim Ducati Davide Tardozzi.

Jorge LorenzoMOTORSPORT.com Jorge Lorenzo

Menariknya, Lorenzo meyakini ada bagian Desmosedici GP18 yang hilang saat kembali ke pit. “Beberapa mekanik ke tikungan untuk melihat apakah mereka bisa menemukannya dan beruntung mereka menemukannya, itu sangat sulit tapi mereka menemukannya. Salah satu bagian keluar dari motor. Saya tidak tahu apa itu sebelum kecelakaan atau setelah kecelakaan. Yang saya tahu saya tidak punya pengereman,” kata Lorenzo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com