Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander dari Indonesia, Mulai Diekspor Mei 2018

Kompas.com - 07/02/2018, 16:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Bekasi, KOMPAS.com – Mitsubishi Indonesia berencana mulai mengirimkan Xpander ke pasar ekspor pada Mei 2018. Wilayah pertama yang akan dikirimkan yaitu Filipina dibanding negara lainnya.

Takao Kato, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) mengatakan, negara-negara ASEAN lainnya akan menyusul. Dirinya menuturkan kalau ekspor ini sudah tertunda dari rencana awal.

“Kami sudah merencanakan ekspor pada awal Januari 2018, terlebih dahulu memenuhi pasar dalam negeri terlebih dahulu,” ujar Kato, Rabu (7/2/2018).

Kato menambahkan, pemilihan Filipina untuk menjadi negara pertama yang dikirim, karena permintaan di sana cukup besar dibanding di tempat lain. Lebih dari itu sebelumnya juga disebut, kalau karakter konsumen Filipina dan Indonesia sama, di mana menyukai mobil multi purpose vehicle (MPV).

Baca juga : Xpander Kantongi Skor Keamanan Bintang 4

Mitsubishi Xpander di Kelok Sembilan, Sumatera BaratAzwar Ferdian/KompasOtomotif Mitsubishi Xpander di Kelok Sembilan, Sumatera Barat

“Lagipula di Filipina Mitsubishi merupakan merek yang sangat popupler, dari total market berada di posisi kedua.  Baru setelah Filipina akan kami ke wilayah ASEAN lainya pada 2018 ini,” ujar Kato.

Terkait dengan kuotanya betapa, Kyoya Kondo, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menuturkan, pihaknya masih menghitung lagi, pasalnya pada Mei 2018 baru diperkenalkan di Filipina.

Mulai dari awal Januari 2018, volume produksi Xpander sudah 8.000 unit dari target sebelumnya 5.000 unit untuk pasar domestik. Sementara ditambah ekspor dinaikkan lagi menjadi 10.000 unit, tapi waktunya belum ditentukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com