Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Kantongi Skor Keamanan "Bintang 4"

Kompas.com - 07/02/2018, 12:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KOMPAS.com – Model Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) baru Mitsubshi Xpander yang diproduksi di Indonesia , resmi mengantongi peringkat bintang empat tes tabrak, versi ASEAN New Car Assessment Program (NCAP).

Ini merupakan model MPV pertama Mitsubishi yang diuji oleh ASEAN NCAP, yang pertama kali dipasarkan di Indonesia pada September 2017. Skor total yang berhasil diperoleh Xpander pada tes tersebut 71,66 poin.

Rinciannya, pada kategori Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection), pesaing Avanza ini meraih 39,8 poin. Sementara untuk Perlindungan Penghuni Anak (Child Occupant Protection) di angka 18,69 poin.

Selanjutnya untuk penilaian Safety Assist Technologies, Xpander mengantongi skor 13,89 point. Soal keselamatan, model ini memiliki dual airbag dan pengingat sabuk pengaman pada bangku baris depan, sebagai standar.

Baca juga : Mitsubishi Jamin Ketersediaan Onderdil Xpander

Tes Mitsubishi Xpander di Sumatera Barat Azwar Ferdian/KompasOtomotif Tes Mitsubishi Xpander di Sumatera Barat

Kemudian ada juga fitur keamanan lain seperti Emergency Stop Signal sebagai standar atau optional, ssuai dengan negara tempat dipasarkan. Xpander juga dilengkapi dengan ISOFIX dan top tether.

Khairil Anwar Abu Kassim, Sekertaris-Jendral ASEAN NCAP mengatakan, Xpander merupakan MPV pertama yang diuji oleh ASEAN NCAP berdasarkan protocol baru untuk 2017-2020, dan menunjukan kinerja baik dalam penilaian yang lebih ketat ini.

“Ini menunjukan Mitsubishi Motors berdedikasi untuk menghasilkan mobil yang lebih aman, untuk kawasan ASEAN sesuai dengan protocol keselamatan kami yang baru,” ujar Khairil dalam pernyataanya yang di rilis Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Rabu (7/2/2018).

Sejak mulai dijual di Indonesia pada bulan September 2017, jumlah pesanan telah mencapai lebih dari 50.000 unit untuk tiga bulan pertama, melebihi target penjualan awal yakni 3.000-4.000 unit per bulan. MMC berencana untuk mengirimkan MPV-nya ke Filipina dari bulan Mei 2018, dan beberapa pasar ASEAN lainnya tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com