Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Minta "Salesman" Jujur Jualan Xpander

Kompas.com - 24/01/2018, 11:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia yang tertarik membeli Mitsubishi Xpander cukup banyak. Terbukti dari jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) sejak pertama diluncurkan pada Agustus 2017 hingga awal Januari 2018 sudah mencapai 50.000-an unit secara nasional.

Bahkan, sampai sekarang ini konsumen masih harus bersabar karena inden untuk varian Ultimate bisa mencapai tiga sampai empat bulan.

Awal small MPV Mitsubishi itu keluar, banyak praktik "nakal" yang dilakukan oleh para tenaga penjual. Misal, karena tipe Ultimate indennya lama, bagaimana jika ada salesman yang menawarkan ke konsumen membeli varian lain agar lebih cepat dapat unit?

Baca juga: Inden Xpander Varian Ultimate Paling Lama

Menurut Director of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro, praktik itu normal.

Konsumsi BBM Xpander, perjalanan Jakarta-Bandar Lampung.Jerry Arman/MMKSI Konsumsi BBM Xpander, perjalanan Jakarta-Bandar Lampung.

"Asalkan tim sales-nya itu tetap jujur menginformasikan berapa lama inden dan lain sebagainya kepada calon konsumen," kata Irwan di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (23/1/2018).

Sementara itu, Branch Manager PT Sun Star Prima Motor, Siliwangi Ida Zoraida menambahkan, arahan diler kepada tenaga penjual untuk selalu menawarkan ke konsumen semua varian, dan harus sesuai kehendak calon pembeli.

"Memang ada juga konsumen yang bergeser ke varian lain agar bisa dapat unit lebih cepat, tetapi kita arahkan agar ditawarkan semua varian," kata Ida di tempat sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com