Langkah Benar Merawat Bodi Sepeda Motor - Kompas.com

Langkah Benar Merawat Bodi Sepeda Motor

Kompas.com - 25/01/2018, 09:42 WIB
Merawat cat airbrushStanly/Otomania Merawat cat airbrush

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat bodi sepeda motor bisa dibilang susah-susah gampang. Jika salah dalam melakukan perawatan, malah justru membuat warnanya tidak terpancar atau kusam. Lantas, bagaimana cara merawat bodi motor agar warnanya tidak cepat rusak atau kusam?

Iskandar, pemilik bengkel R3 painting menjelaskan, ketika ingin membersihkan debu-debu yang menempel pada bodi motor, maka sebaiknya tidak langsung diusap dengan lap. Sebab, mungkin saja ada debu yang kasar melekat pada bodi.

Baca juga : Corak Kartun di Motor Sport, Berotot tapi Unyu-unyu

Jika langsung diusap, lanjut Iskandar, bisa menimbulkan scratch atau goresan. Oleh karena itu, sebelum mengusap motor dengan lap, sebaiknya bodi motor disiram air bersih terlebih dahulu agar seluruh debu atau pasirnya hilang.

"Kalau kondisi motor kotor jangan langsung di lap, tapi siram dulu pakai air supaya pasir dan debu-debunya hilang. Kalau langsung di lap nanti gores," kata Iskandar saat ditemui di bengkelnya di bilangan Cempaka Baru 11, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2018).

Selain itu, jangan sering menaruh motor di bawah terik matahari. Sebab, bisa membuat kualitas warna berkurang.

Sejumlah motor sport yang dicorak tokoh kartun. Motif ini banyak diminati. (Foto: dokumentasi R3 painting).Fachri Fachrudin Sejumlah motor sport yang dicorak tokoh kartun. Motif ini banyak diminati. (Foto: dokumentasi R3 painting).
Jangan sering dipoles

Salah satu kesalahan lain yang kerap dilakukan pemilik motor adalah sering memoles bodi motor dengan cairan pengkilap yang banyak dijual di pasaran. Sebenarnya, alasan memoles motor itu baik. Namun jika terlalu sering akan membuat tipis lapisan pernis pada bodi.

Baca juga : Curhat Pemodifikasi ke Jokowi, Ingin Ekspor Motor ?Custom?

Selain itu, teknik memoles bodi motor juga tidak sembarangan. Jika dilakukan secara asal-asalan malah bikin warna menjadi kusam. "Kalau enggak bisa molesnya malah bikin buram karena zatnya itu," kata Iskandar.

Jika warna pada bodi motor sudah terlihat kusam, bisa dikembalikan dengan cara dikompon. Namun sebaiknya, pengerjaan dilakukan oleh orang yang profesional.


EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X