Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Redam Getaran Berlebih Vespa Non I-Get

Kompas.com - 09/01/2018, 10:25 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotifVespa-vespa modern yang beredar pada kurun waktu sekitar 2011 hingga 2015 memiliki penyakit getar saat dibawa pelan. Ini adalah Vespa-vespa modern sebelum adanya teknologi mesin Italian Green Experience Technology (I-Get). Getaran biasanya sangat terasa saat motor dibawa di tengah kondisi macet.

Baca juga : Vespa Sprint dan Primavera Jadi Minim Getaran

Namun penyakit getar ini ternyata ada obatnya. Techinical Training Manager dari Piaggio Indonesia Yudi Riswanto mengatakan, problem getar ini bisa diatasi dengan pergantian satu set kampas kopling. Saat ini, harga satu set kampas kopling untuk tipe Primavera 150 di bengkel resmi Vespa berkisar Rp 1,29 juta. Harga ini belum termasuk jasa pasang.

"Kampas kopling satu set dengan per dan sebagainya. Bukan kampas batangan satu atau dua biji. Tapi satu set. Karena yang berpengaruh per-nya," kata Yudi kepada KompasOtomotif, Senin (8/1/2018).

 

Mesin i-get Vespa dan PiaggioStanly/Otomania Mesin i-get Vespa dan Piaggio

Selain mengganti satu set kampas kopling, salah satu cara untuk menghilangkan penyakit getar pada vespa modern non I-Get biasanya juga dibarengi dengan pergantian roller yang lebih ringan. Cara ini biasanya dilakukan di bengkel spesialis Vespa umum yang bukan bengkel resmi. Bila ditambah pergantian roller biasanya biaya bisa mencapai Rp 2 juta.

Baca juga : Ini Solusi Penyakit Getar pada Vespa

Menanggapi cara tersebut, Yudi menilai pergantian roller ringan memang cukup bisa mengurangi efek getar. Karena bisa memperlambat daya angkat kopling ke RPM tinggi. Namun Yudi menilai cara ini tidak berpengaruh signifikan dalam mengurangi getar. Karena itu lebih disarankan penggunaan cara yang pertama.

"Kalau hanya ganti roller tidak banyak membantu sebenarnya. Dengan kondisi standar tinggal ganti kampas kopling satu set sudah bisa. Tanpa perlu mengganti rumah kopling," ucap Yudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com