Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Mobil Ini Bukan Lagi Anggota Gaikindo

Kompas.com - 05/01/2018, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Agen Pemegang Merek (APM) mobil yang tergabung menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) cukup banyak, mulai merek asal Jepang, Eropa, Amerika Serikat (AS), Malaysia, India, Korea Selatan, hingga China.

Berdasarkan data penjualan Gaikindo, terdaftar 36 merek yang menjadi anggota. Namun, ada beberapa sudah tidak menjadi anggota lagi, seperti Geely, Ford, Chrysler, Jaguar, dan Land Rover.

"Ya betul sudah bukan anggota. Jaguar dan Land Rover memang sudah lama keluar,” ucap Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara saat dihubungi KompasOtomotif, Selasa (2/1/2018).

Baca juga: "Mobnas" dengan Mudah Bisa Jadi Anggota Gaikindo

Selain kelima merek itu, sebenarnya ada merek lain yang tidak ada aktivitas penjualan sepanjang 2017, yaitu Infiniti dan Smart.

"Infiniti bagian dari Nissan, sementara Smart dengan Mercedes-Benz. Jadi masih tergolong anggota," ujar Kukuh.

Jentri Izhar, Brand Director Jaguar Land Rover Indonesia, mengatakan, berbeda seperti Ford, Geely, Inifinity, dan Smart, Jaguar Land Rover di indonesia masih eksis berjualan, meski bukan lagi menjadi anggota Gaikindo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com