Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mobnas" dengan Mudah Bisa Jadi Anggota Gaikindo

Kompas.com - 05/10/2017, 08:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bekasi, KompasOtomotif – Setelah beberapa waktu hilang, baru-baru ini kabar Esemka mulai mengemuka lagi, di mana salah satu produknya terpergok kamera sedang diuji di jalanan. Kemudian ada lagi cerita baru dari Kiat Mahesa Nusantara, yang bengkelnya di Klaten, Jawa Tengah, baru saja dikunjungi Presiden Joko Widodo, beberapa pekan lalu.

Menanggapi fenomena tersebut, pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melalui Rizwan Alamsyah, Ketua III Gaikindo mengatakan, kalau mereka mendukung eksistensi dan pencapaian dari pemain lokal tersebut.

“Tentunya tergantung pada konsumen, kalau Esemka berhasil menjual kepada konsumen, artinya mereka sudah membuat prestasi tersendiri, dipercaya dan dibeli. Jadi kami dukung-dukung saja,” ucap Rizwan, Selasa (3/10/2017).

Baca juga : Ingin Punya Mobil Esemka, Bisa Pesan “Online”

Sebagai jembatan antara produsen mobil dengan pemerintah, Rizwan sebut Gaikindo membuka diri bagi siapa saja yang ingin bergabung, dan tak menolak jika ada mobil nasional seperti Kiat Mahesa Nusantara dan Esemka masuk asosiasi. Dirinya menyebut kalau syaratnya tidak susah, hanya tinggal bayar iuran.

“Kami tidak ada masalah apa-apa, hanya tinggal membayar iuran saja jika mau jadi anggota Gaikindo dan mengikuti kewajibannya, dan otomatis jadi member. Iya syaratnya iuran saja,” ujar Rizwan, Selasa (3/10/2017).

Komunikasi

Saat ditanyakan soal dukungan Gaikindo untuk mobil produk dalam negeri, Rizwan menuturkan mereka hanya sebagai fasilitator. Di pameran otomotif yang diselelnggarakan, Rizwan bahkan sempat menawarkan Esemka untuk menempati booth.

“Malah pada di GIIAS, kami sediakan tempat kalau ada yang mau, tapi kemarin kebetulan katanya masih repot, jadi si Esemka tidak ammbil di pameran Agustus lalu,” ucap Rizwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com