Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Legendaris BSA “Reborn” di India

Kompas.com - 30/12/2017, 15:51 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Buat yang gemar motor klasik tentu merek BSA (Brimingham Small Arm) sudah tak asing ditelinga, atau malah bermimpi untuk memiliki salah satu modelnya. Merek asal Inggris yang populer di era 1930 sampai 1960 awal yang sudah berhenti produksi sejak 1970-an ini, bakal dilahirkan kembali.

Mahindra, produsen traktor terbesar di dunia yang juga memiliki merek mobil dan sepeda motor membeli merek BSA Company pada Oktober 2016 melalui anak perusahaannya Classic Legends Private Limited (CLPL).  Mahindra memiliki 60 persen saham di CLPL, sehingga bisa mendapatkan lisensi untuk menggunakan nama merek dagang.

Berselang satu tahun lebih sejak pembelian merek BSA, tepatnya pada Desember 2017, Anand Mahindra, Chairman Mahindra Group akhirnya mengonfirmasi melalui akun twitter-nya, sepeda motor BSA masa kini sedang dalam pengembangan.

Baca juga : Merek Klasik BSA Dibeli India

Pada postingannya, Mahindra menyantumkan gambar iklan “jadul”, dan menyebut kalau mereka sedang mengerjakan motor baru. Dirinya juga menyatakan, BSA masa kini tak akan kehilangan karakter lawasnya.

BSA yang akan kembali dikembangkan, rumornya bakal dijual di pasar Amerika dan Eropa. Sebuah render model BSA abad ke-21 muncul pada bulan Desember tahun lalu. Perusahaan juga berencana meluncurkan merek Jawa pada bulan Maret 2019.

Mahindra juga akan memproduksi sepeda motor di fasilitas Pithampur-nya di Madhya Pradesh, dan akan menjual BSA abad ke-21 melalui jaringan dealer yang terpisah, mengutip Indianautosblog, Sabtu (30/12/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com