Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fortuner Buatan Indonesia Laku Keras di Filipina dan Vietnam

Kompas.com - 17/12/2017, 11:25 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ekspor tahunan CBU (Completely Built Up) Toyota mencapai angka tertinggi lagi pada tahun ini, berdasarkan prediksi jumlahnya bakal mencapai 200.000 unit. Pencapaian itu didukung berkembangnya dua pasar tujuan, yaitu Filipina dan Vietnam.

Baca: Tahun ini Ekspor Toyota Bisa Tembus 200.000 unit

Dari data yang diberikan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), kontribusi Filipina pada tahun ini mencapai 37 persen sedangkan Vietnam sebesar 8 persen. Filipina adalah negara tujuan ekspor Toyota paling besar selama 2017.

“Kalau angka nanti saja. Filipina itu sudah beberapa tahun ini puluh ribuan unit, Vietnam yang sekarang masuk hitungan puluh ribuan unit,” ucap Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN, Kamis (14/12/2017).

Jika ekspor TMMIN 200.000 unit pada tahun ini, maka Filipina setidaknya menyerap 74.000 unit. Sedangkan Vietnam sebesar 16.000 unit.

Ekspor Toyota dari Indonesia sudah berjalan selama 30 tahun, jumlah unit yang diekspor sudah menapai 1 juta unit.TMMIN Ekspor Toyota dari Indonesia sudah berjalan selama 30 tahun, jumlah unit yang diekspor sudah menapai 1 juta unit.

Dari keseluruhan model ekspor TMMIN ke semua pasar selama 11 bulan pada tahun ini, Fortuner merupakan terlaris dengan angka 35 persen. Model terlaris kedua adalah Vios sebesar 14 persen dan Innova sejumlah 5 persen. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com