Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Toyota Etios Distop Jika Sudah Tidak Laku

Kompas.com - 16/12/2017, 07:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Data penjualan Toyota Etios dari pabrik ke diler (wholesales) setiap bulan terus mengalami penurunan. Terakhir sepanjang November 2017 hanya terjual dua unit, padahal di Oktober masih 51 unit atau anjlok 96,8 persen.

Peminat mobil kota (city car) itu sudah berkurang, salah satu penyebabnya tidak punya pilihan transmisi otomatis. Padahal disegmen itu konsumen cenderung memilih matik ketimbang manual.

Melihat penurunan itu, Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjelaskan bahwa sampai sekarang model itu masih diproduksi. Belum bisa dipastikan kapan akan distop produksinya.

“Jadi pasar yang menentukan, kalau sudah tidak ada permintaan lagi untuk apa kita produksi,” ucap Warih kepada KompasOtomotif, Kamis (14/12/2017) malam di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Baca juga: November 2017 Etios Hanya Terjual Dua Unit!

Pemasok komponen untuk Etios, lanjut Warih masih tetap menyuplai hingga awal Desember 2017 ini. Dipastikan sampai tutup tahun ini masih memproduksi mobil kota itu, sesuai dengan permintaan konsumen.

“Mengenai tahun depan, bisa kita lihat nanti. Poin utama tergantung dari pasar saja, kalau masih ada yang minat harus tetap kita produksi, kalau sudah tidak ada baru kita stop,” ujar Warih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com