Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Lawas Lebih Loyal daripada Kids Zaman Now

Kompas.com - 09/12/2017, 11:22 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Ada perbedaan karakter antara konsumen pada zaman dulu dan konsumen masa kini. General Manager Honda Customer Care Center (HC3) Division Astra Honda Motor (AHM), Istiyani Susriyati menilai, konsumen zaman dulu atau yang saat ini sudah berusia tua (old) terbilang loyal terhadap suatu merek dagang.

Misalnya, jika konsumen tersebut pernah membeli salah satu motor di diler Honda. Kemudian, ia merasa puas selama pemakaian produk tersebut. Kemungkinan besar, ketika pelanggan itu ingin membeli motor lagi, maka akan memilih produk Honda.

"Kalau dulu, konsumen generasi X, itu loyal. kalau sudah loyal dengan brand dia enggak akan pindah," kata Istiyani di sela-sela gelaran Kontes Layanan Honda Nasional 2017" yang digelar di Hotel Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading pada Kamis (7/12/2017).

Baca juga : Astra Honda Motor Diakui Hebat di ASEAN dan Asia

Bengkel resmi Astra Honda Motor (AHM), Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Astra Honda Motor (AHM), Bengkel resmi Astra Honda Motor (AHM), Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).
Hal berbeda akan ditemui pada konsumen masa kini atau konsumen yang termasuk dalam kategori anak-anak muda. Menurut Istiyani, konsumen ini tidak seperti konsumen zaman dulu. Mereka lebih aktif mencari data dan membandingkan setiap detil produk di kelas yang sama dari berbagai merek yang ada.

Oleh karena itu, bisa saja jika pada produk tertentu memilih Honda tetapi pada produk di kelas lainnya memilih produk dari merek lainnya.

"Kalau sekarang lebih rasional, lebih aktif mencari data," kata Istiyani.

Istiyana melanjutkan, adanya perbedaan karakteristik konsumen seperti itu mendorong pembuat produk melakukan inovasi. Misalnya dalam hal pengenalan dan penawaran barang yang diluncurkan. Kepada konsumen masa kini perlu dipaparkan secara rinci mengenai produk tersebut.

"Kami menjual pun harus berdasarkan data dan fakta, tidak hanya berdasarkan kata kata kata indah," kata Istiyani.

Baca juga : AHM Terus Asah Kualitas Layanan Konsumen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com