Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reinkarnasi Vespa Sei Giorni 1951 di Tubuh GTS

Kompas.com - 12/07/2017, 11:49 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Milan, KompasOtomotif - Vespa memberikan kejutan dengan meluncurkan edisi spesial dari salah satu legendanya di dunia balap, yakni "Sei Giorni". Model yang tenar di tahun 1951 ini dikembangkan khusus untuk mengikuti kompetisi balap selama enam hari dan sukses memenangkan sembilan medali emas.

Baca : Lambretta Siap Goda Konsumen Vespa

Dilansir dari Autoevolution, model Sei Giorni yang saat ini diluncurkan diadaptasi ke salah satu generasi modern, yakni Vespa GTS. Sentuhan klasik untuk merepresentasikan gaya khasnya yang disebut "Six Days" cukup kental tertuang, termasuk dari kelir warna bodinya.

Meski bertema lawas, namun tetap ada sentuhan kesan ke kinian seperti adanya pemasangan low monted optical pada fender depan. Sedangkan untuk posisi setang dibuat mengikut gaya Sei Giorni dengan model yang datar.

Karkater klasik dituangkan pada Vespa GTS Sei Giorni Karkater klasik dituangkan pada Vespa GTS Sei Giorni

Padanan retro modern kental terlihat dari panel instrumen dengan desain melingkar dan bentuk speedometer yang sengaja menggunakan model analog dengan latar belakang. Namun begitu tetap dilengkapi dengan indikator modern sebagai saran informasi bagi pengendaranya.

Jok tunggal yang dilapisi kulit juga menjadi salah satu ciri khas dari gaya Six Days yang kemudian diberikan sentuhan Vespa Racing Team livery dari tahun 1950-an. Mulai dari pelek berwarna hitam, exhaust, panel, dan detail-detail kecil lainnya.

Kaya dengan sentuhan retro modern Kaya dengan sentuhan retro modern

Tidak seperti model balapnya, Vespa GTS Sei Giorni edisi khusus ini lebih modern dengan berbagai fitur yang menjadi kelengkapan standarnya. Mulai dari koneksi USB di dalam kompartemen, sistem pengereman yang menggunakan anti-lock breaking system (ABS), serta lampu LED.

Baca : Vespa 946 (RED) Bakal Meluncur di Indonesia

Meski belum membocorkan soal harga serta berapa unit yang akan diproduksi, namun pihak pabrikan sudah memberikan informasi mengenai kelengkapan aksesorinya. Vespa GTS Sei Giorni akan dilengkapi dengan windshield, kompartemen berkapasitas 42 lliter, rak bagasi depan dan belakang, penutup termal, serta perangkan anti-maling melalui Tom Tom Vio GPS.

Vespa GTS Sei Giorni Vespa GTS Sei Giorni

Beda dengan model lawasnya yang dilengkapi dengan mesin dua tak berkapasitas 125 cc, untuk Sei Giorni versi GTS saat ini sudah ditunjang dengan mesin empat tak 300 cc bertenaga 21 tk dan torsi 22 Nm. Transmisnya juga tak lagi menggunakan manual, tapi sudah mengadopsi CVT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com