Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antara Toyota Fortuner, Setya Novanto, dan "Tiang Listrik Kompetitor"

Kompas.com - 20/11/2017, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PolemikKetua DPR Setya Novanto dan KPK yang berjalan panjang, diwarnai dengan kecelakaan heboh. Certanya, Ketua Umum Partai Golkar itu lagi menempuh perjalanan melintasi kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Kamis (16/11/2017) malam, dan mobil yang ditumpangi Novanto menabrak tiang.

Ketika mengalami kecelakaan, Setya Novanto duduk di baris kedua dan diduga tanpa sabuk pengaman. Terlepas dari kasus fenonmenal “Si Papa”, tentu ini jadi peristiwa yang tidak menyenangkan bagi Toyota, karena produk andalannya di segmen sport utility vehicle (SUV) jadi ikut terseret kasus ini.

Komentar si pengacara yang sempat menyebut, kalau Setnov mengalami luka parah sampai benjol sebesar bakpao di kepalanya, karena kecelakaan. Suka-atau-tidak, kondisi ini otomatis memicu pertanyaan soal keamanan dari Fortuner.

Baca juga : Setya Novanto, Kun Aguero, dan Pentingnya Sabuk Pengaman

Cuitan Daihatsu soal safety feature menyinggung kecelakaan menabrak tiang yang dialami Setya Novanto dan Toyota Fortuner.Istimewa Cuitan Daihatsu soal safety feature menyinggung kecelakaan menabrak tiang yang dialami Setya Novanto dan Toyota Fortuner.

Menariknya lagi dari momen tersebut, beberapa produsen roda empat dalam negeri seolah cari kesempatan dalam kesempitan, dan mendadak “posting” soal safety feature dengan menyinggung tiang listrik, yang sangat melekat dengan kecelakaan Fortuner dan Setia Novanto.

Status Merek

Daihatsu misalnya, melalui akun resmi, @Daihatsuind, perusahaan menulis “Fitur keselamatan di mobil seharusnya digunakan agar terhindar dari luka berat. Contohnya seperti safety belt yang wajib digunakan juga oleh penumpang di belakang. Supaya terrhindar dari benjol hasil tabrakan, khususnya tabrakan dengan tiang listrik.”

Status ini kemudian diunggah ulang @InfoTwitwor dan akhirnya ramai di jagad media sosial,. Unggahan juga menstimulasi beberapa komentar mewarnai postingan Daihatsu tersebut. Salah satunya seperti akun @Nur_As_ad yang mengatakan, “Gilak, si mimin @DaihatsuInd ikutan ngeTiang listrik.”

Kemudian akun @NissanID yang juga ikut memposting soal fitur keselamatan yang ada di kendaraannya, dengan tanda pagar #savetianglisrik. Bahkan tak hanya sekedar gambar, akun Nissan menempelkan video ilustrasi kecelakaan mobil yang sedang menikung dan menabrak tiang listrik.

“Menikung dengan kecepatan tinggi lebih presisi, terkendali, tanpa risiko keluar jalur berkat teknologi Active Trace Control dari Nissan yang mengatur pengereman otomatis secara individual di setiap rodanya. #Nissan #IntelligentMobility #savetianglistrik.”

Selanjutnya Suzuki yang tak mau ketinggalam momen dengan memosting di akunnya @Suzuki_id, yang menyebut kalau mereka memiliki teknologi Heartect, yang meredam dampak benturan dari depan seperti menabrak tiang listrik.

Meredam dampak benturan dari depan seperti menabrak tiang listrik akan tetap aman dengan teknologi HEARTECT. Bobot hantaman dari depan akan terdistribusi ke samping sehingga penumpang di depan terlindungi. Apalagi ada dual AirBag plus seatbelt with pretentioner, gegar otak bisa terhindarkan! #suzuki #safetydriving #heartect.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com