Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paspampres Dilatih "Orang Dalam" Mercedes-Benz

Kompas.com - 06/10/2017, 10:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Mercedes-Benz sebagai kendaraan operasional resmi Kepresidenan Republik Indonesia, memberikan pelatihan mengemudi kepada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tujuan utama, untuk melatih seluruh anggota yang terlibat langsung dengan operasional kendaraan kepresidenan.

Kegiatan "Guard Driver Training 2017" diadakan pada 26-28 September di area JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Semua anggota yang terlibat berlatih menggunakan lima unit terdiri dari E 250, E 300, S 400 L, GLE 250 d, dan GLE 400.

"Kegiatan ini kami lakukan agar jika suatu saat nanti terjadi masalah di tengah jalan, Paspampres sudah terlatih," kata Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations & Product Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia dalam keterangan resmi, Jumat (6/10/2017).

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari tersebut terbagi menjadi dua sesi, yakni pengenalan teori dan praktek mengemudi di lapangan. Pembelajaran teori dilakukan di dalam tenda pasukan Paspampres dan dipimpin langsung Matthias Kleinmichel, Chief Instructor, Mercedes-Benz Guard Driver Training.

Baca juga: Menanti Dukungan Presiden Jokowi Soal MotoGP Indonesia

Paspampres dibekali pengetahuan dasar tentang sejarah kendaraan-kendaraan Mercedes-Benz yang telah digunakan sebagai kendaraan resmi pengamanan Presiden dan juga pengetahuan tentang detail spesifikasi dan teknologi terbaru dari masing-masing
tipe mobil yang digunakan.

Mercedes-Benz Guard Driver Training 2017istimewa Mercedes-Benz Guard Driver Training 2017

Sedangkan praktik mengemudi di lapangan terbagi menjadi beberapa sesi, diantaranya emergency braking, emergency braking and swerving manoeuvre, lane change dan handling parcours.

Keempat sesi tersebut merupakan standar dari pelatihan Mercedes-Benz Guard Driver Training.

"Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan mengemudi dari para partisipan pelatihan dalam usahanya untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan dari penumpang VIP," ujar Matthias Kleinmichel, Chief Instructor, Mercedes-Benz Guard Driver Training.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com