Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Mitsubishi Resmi Mundur

Kompas.com - 18/05/2016, 18:31 WIB

Tokyo, KompasOtomotif – Presiden Mitsubishi Motors, Tetsuro Aikawa, segera mundur dari jabatannya. Langkah ini merupakan buntut dari skandal konsumsi bahan bakar dan emisi yang memukul telak perusahaan, sampai akhirnya saham mayoritas kini dikuasai Nissan Motor Company.

Aikawa (62) akan mundur per 24 Juni 2016, dikutip Autonews, Rabu (18/5/2016), waktu ketika diselenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan. Selain itu, direksi lain yang ikut mundur adalah Ryugo Nakao, Executive Vice President in Charge of Quality and Product Strategy.

Pihak Mitsubishi menyatakan akan mengumumkan nama pengganti kedua direksi yang mundur. Dalam keterangan tertulis, pihak Mitsubishi menggunakan desktop calculations untuk menentukan rata-rata konsumsi bahan bakar beberapa model, termasuk Outlander plug in hybrid. Bahkan, tidak melakukan tes pada RVR.

CEO Mitsubishi Osamu Masuko (67) akan bertahan di pucuk pimpinan perusahaan dan sementara menyambi pekerjaan kedua direksi yang mundur. Masuko juga diharapkan tetap pada jabatannya sampai Nissan menyelesaikan kesepakatan mengakuisisi 34 persen saham perusahaan.

Aikawa merupakan insinyur yang bertanggung jawab pada pengembangan pasar mobil kompak khusus di Jepang. Model-model seperti Mitsubishi eK Wagon dan i-series merupakan produk binaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com