Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Dongfeng, Nissan-Renault Incar Pasar Mobil Listrik China

Kompas.com - 30/08/2017, 15:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah Toyota mengaku bakal memproduksi mobil listrik pada 2019 di China, rivalnya aliansi Nissan-Renault langsung menggandeng produsen mobil lokal Dongfeng, untuk ikut cari untung di segmen ini.

Mengutip Nikkei, Rabu (20/8/2017) persaingan meningkat di antara rival Amerika dan Eropa yang juga bekerja sama dengan mitra lokal, untuk memenuhi permintaan dan peraturan yang lebih ketat.

Dongfeng akan mengambil 50 persen saham dari usaha baru yang dibuat, New Energy Automotive, sementara Renault dan Nissan Motor menginvestasikan masing-masing 25 persen. Usaha patungan tersebut akan berlokasi di Shiyan, Provinsi Hubei.

Kemitraan ini akan mengembangkan SUV mini listrik untuk pasar China, dengan menggunakan platform aliansi Prancis-Jepang di segmen mobil kompak dan ditujukan untuk pasar India dan negara-negara berkembang lainnya.

Baca juga: Mobil Listrik, Nissan Lebih Siap Dibanding Toyota di Indonesia?

Mobil Listrik Murah

Merek BYD dan produsen mobil China lainnya, telah mempopulerkan model ramah lingkungan di negara ini. Persaingan harga semakin meningkat, terutama untuk kendaraan listrik kompak yang populer di kota-kota besar seperti Beijing dan Shanghai. Model mobil yang ada di pasaran China dijual sekitar setengah harga dari mobil listrik Nissan, Leaf.

Usaha baru ini, bagaimanapun, akan berfokus pada model listrik berbiaya rendah, yang akan dibangun di pabrik Shiyan Dongfeng. Perusahaan berencana untuk memanfaatkan skala ekonomi dengan menggunakan fasilitas yang ada, demi menghasilkan EV (electric vehicle) kompak dengan beberapa merek, termasuk Renault.

Pada bulan Juni, pihak berwenang China mulai membiarkan pembuat mobil asing, membentuk tiga usaha patungan dengan perusahaan lokal, dengan syarat bahwa fokus kerjsama itu hanya untuk produksi kendaraan ramah lingkungan.

Pembuat mobil Amerika dan Eropa bahkan telah terlebih dahulu memanfaatkan kesempatan tersebut. Volkswagen baru-baru ini menandatangani sebuah kesepakatan dengan Anhui Jianghuai Automobile Group, untuk usaha patungan ketiganya di China, dan Ford Motor mengumumkan sebuah usaha dengan Anhui Zotye Automobile, pada bulan ini juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com