Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Kejar 80.000 Unit Expander Setahun

Kompas.com - 24/07/2017, 16:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berencana memaksimalkan kapasitas produksi pabrik di Cikarang, Bekasi, untuk menelurkan sebanyak mungkin MPV Expander. Target dalam setahun 80.000 unit MPV sejuta umat akan lahir.

Dari jumlah itu, 60.000 unit di antaranya bakal digelontor untuk memenuhi pasar domestik. Sementara 20.000 sisanya akan diproyeksikan sebagai barang ekspor.

”Tapi nanti target penjualan sesungguhnya akan kami sampaikan nanti saat World Premiere di GIIAS 2017. Tentu dengan kapasitas (pabrik) 60.000 unit (domestik) setahun, (penjualan) akan dioptimalkan dan ditingkatkan,” ujar Irwan Kuncoro, Direktur Pemasaran MMKSI, (24/7/2017).

Distribusi, menurut Irwan, akan lebih merata ke seluruh kawasan di Indonesia. Pasar MPV sangat berbeda dengan SUV, misalnya Pajero Sport, dimana 70-80 persen pasarnya ada di kota besar. Itulah sebabnya, ekspansi jaringan diler akan sangat penting buat MMKSI.

Baca: Simak Harga Mitsubishi EXpander

Serapan Konsumen
Pertanyaannya, dengan target produksi yang sedemikian besar mencapai 60.000 unit setahun, bagaimana dengan serapan konsumen di Indonesia? Lebih detailnya, mampukah diler merealisasikan mimpi MMKSI yang cukup ambisius itu?

Jika dihitung kasar, dengan kondisi jumlah diler Mitsubishi saat ini yang ”hanya” 92 outlet, artinya, jika berharap 60.000 unit terserap, diler harus menjual 650 unitan setahun, atau sekitar 55 unit sebulan.

”Itu dia, makanya kami harus kejar jumlah outlet, karena mau menjual banyak. Tapi tentu saja tidak mudah, karena membangun outlet juga investasinya besar,” ucap Irwan dalam sesi wawancara khusus usai pengenalan MPV di Fairmont Hotel, Jakarta, (24/7/2017).

Irwan lalu bercerita, bahwa sebenarnya, jumlah 92 diler saat ini sudah berlipat jika dibandingkan dengan 3-4 tahun lalu. Target MMKSI, 143 diler kendaraan penumpang akan berdisi dalam empat tahun ke depan.

Baca: Inilah EXpander, MPV Sejuta Umat Mitsubishi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com