Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuh Insiden, Hamilton Jadi Raja di Barcelona

Kompas.com - 14/05/2017, 23:34 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Barcelona, KompasOtomotif - Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menguasai jalannya balap Formula 1 (F1) GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (14/4/2017). Pebalap asal Inggris mampu finish terdepan dan mengambil podium tertinggi.

Ini menjadi kemenangan kedua Hamilton di musim 2017, yang sekaligus melengkapi prestasi gemilang setelah memimpin pada sesi latihan bebas pertama hingga sukses memecahkan rekor pole babak kualifikasi di hari Sabtu (13/5/2017).

Baca : Hamilton Pimpin GP Spanyol, Alonso Akhirnya Bangkit


Hamilton memulai pertarungan di posisi terdepan dengan menggunakan ban soft. Balapan berlangsung cukup sengit karena pada putaran awal, Sebastian Vettel dari Ferrari langsung mengambil alih barisan depan.

Kemelut

Selang beberapa saat, dilansir dari Motorsport, banyak tragedi yang terjadi, dimulai dengan aksi tabrakan antara Kimi Raikkoen dari Ferrari dengan Valtteri Bottas dari Mercedes. Keduanya berhasil lolos, namun beberapa saat kemudian Raikkonen harus bersenggolan dengan Max Verstappen dari Red Bull.


Akibatnya, keduanya pebalap tersebut tidak bisa meneruskan balap. Verstappen mengalami kerusakan suspensi, sedangkan mobil Kimi rusak pada ban kiri depan.

Efek kelam dari kejadian Verstappen dan Raikkonen juga berbuntut pahit bagi Felipe Massa (Williams) dan Fernando Alonso (McLaren-Honda). Massa secara sigap langsung mengambil manuver menghindar, sayangnya mobil tersebut justru menghantam Alonso yang membuat pebalap tuan rumah ini masuk gravel.


Lolos dengan insiden pertama, menjelang pertengahan balap, Massa kembali terlibat insiden dengan rekan Alonso, Stoffel Vandoorne, yang berujung pada kerusakan suspensi. Kejadian tersebut pun memancing keluarnya Virtual Safety Car (VSC), yang dimanfaatkan beberapa pebalap untuk melakukan pergantian ban, termasuk Hamilton.

Sengit

Setelah sempat disalip Hamilton saat mengganti ban medium, Vettel kembali mengejar ketertinggalan pada lap 37. Hamilton yang baru mengganti ban soft, sempat terpojok, bahkan akhirnya disalip oleh Vettel.


Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, putaran ke 44 menjadi momen Hamilton membalas aksi Vettel. Saat memasuki lintasan lurus yang juga merupakan zona drag reduction system (DRS), Hamilton sukses memangkas Vettel tanpa perlawanan hingga akhirnya menyelesaikan 66 putaran di posisi terdepan.

10 Besar

Pertarungan selesai dengan mengantarkan beberapa pebalap memasuki urutan 10 besar. Mulai dari Daniel Ricciardo yang menempel Vettel di urutan ketiga, sampai duet Force India yang berhasil menempati finis terbaik di musim 2017, yakni Sergio Perez di posisi empat dan Esteban Ocon pada urutan kelima.


Nico Hulkenberg finis tepat dibelakang Ocon, setelah itu disusul oleh mantan rekan Rio Haryanto, Pascal Wehrlein. GP Spanyol menjadi saksi penampilan Pascal untuk kali pertamannya meraup poin perdana bagi Sauber.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com