Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harley-Davidson Mengaku Lagi Buat Moge Listrik

Kompas.com - 13/05/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Milwaukee, KompasOtomotif – Pertengahan tahun lalu Harley-Davidson bersorak-sorai dengan kedatangan sepeda motor listrik prototipenya Livewire. Namun, sejak saat itu, kabar akan keseriusan HD menggatap segmen ini pun hilang.

Kali ini, kabar mengenai proyek tersebut kembali mengemuka, dan dikonfirmasi sudah masuk dalam daftar peluncuran. Pihak HD juga berencana untuk meluncurkan 100 sepeda motor baru selama 10 tahun ke depan, dan sepeda listrik merupakan bagian dari rencana tersebut.

Bill Davidson, Presiden Museum Harley-Davidson dan cicit dari pendiri perusahaan William Davidson mengatakan, suara memainkan peran kunci dalam pengembangan Harley listrik. Pasalnya keunikan dari moge HD adalah suaranya yang menggelegar.

Namun Davidson mengatakan, mereka sedang berupaya untuk membuat sepeda listriknya bisa unik dengan dan terpisah dari produk lain dipasaran dengan cara yang sama.

"Kami telah mempelajari pesaing, dan mencoba mengerti apa yang mereka rencanakan, jadi kami tidak menginginkan motor listrik biasa. HD menginginkan sesuatu yang sesuai dengan formula penampilan dan suara itu, ini sangat keren, saya sering merujuk pada sesuatu yang terdengar seperti suara jet tempur," ujar Davidson mengutip Autoblog, Jumat (12/5/2017).

Pembahasan sedikit meleset soal otonomos yang mulai diadopsi mobil, di mana ini dianggap bisa membawa efek positif pada penjualan motornya, tapi bukan karena teknologinya yang akan digunakan HD, melainkan orang-orang nantinya akan mencari hal lain yang tidak berhubungan dengan elektronik.

"Masyarakat telah didorong oleh begitu banyak faktor dan kita semua sekarang berhubungan setiap saat (24/7) oleh barang elektronik. Saya pikir mengendarai sepeda motor memungkinkan Anda melepaskan diri dari hal itu dan menikmati alam dan bersenang-senang, " ujar Davidson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com