Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Jazz "Facelift" Hibrida Meluncur Duluan di Malaysia

Kompas.com - 11/05/2017, 18:24 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif - Saat banyak media memberitakan tentang facelift Honda Jazz di Jepang, ternyata Honda Malaysia justru sudah membuka keran pemesanan. Dilansir dari Paultanuntuk pertama kalinya hatchback Honda ini akan hadir dalam dua varian mesin, yakni mesin bensin dan hibrida.

Rencananya, Jazz facelift ini akan mulai dipasarkan pada semester kedua 2017. Untuk versi bensin akan dibekali dengan mesin yang serupa dengan model saat ini, yakni 1.5L i-VTEC empat silinder yang mampu memproduksi tenaga sebesar 120 PS dan torsi 145 Nm dengan transmisi CVT.

Baca : Honda Siapkan Jazz dan Brio Turbo ?

Sedangkan untuk pilihan mesin hibrida dikabarkan akan muncul pada kuartal tiga 2017. Jazz hibrida akan mengusung sistem Sport Hybrid Intellgent Dual Clutch Drive (i-DCD), menggunakan mesin 1.5L i-VTEC yang dikolaborasikan dengan Atkinson-Cycle Engine dan transmisi tujuh percepatan yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 137 Ps.

Menariknya, teknologi hibrida pada Jazz facelift yang menggunakan sistem Integrated Motor Assist (IMA) bukan hanya mampu bekerja pada putaran bawah, tapi juga bisa digunakan untuk menyalakan mesin. Tidak seperti model dulu yang saat menyalakan mesin masih menggunakan tenaga dari mesin bensin.

paultan.org Honda Fit Facelift di Jepang

Peningkatan juga terjadi pada keiritan bahan bakar dengan adanya sistem pengereman servo listrik baru, yang mampu memberikan regenerasi ke baterai lithium-ion. Hal ini diklaim berkontribusi meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 35 persen.

Baca : "Update" Tampang Honda Jazz Muncul di Brasil

Saat pengetesan di Jepang, Jazz Hybird mampu menempuh jarak 36,4 km per liter. Prestasi ini dianggap sebuah rekor untuk sebuah kendaraan hibrida non plug in.

Untuk ubahan tampilan, Honda Malaysia baru mengeluarkan teaser bagian belakang. Bila diperhatikan ada banyak koreksi yang dilakukan Honda, mulai dari perubahan bumper yang dibuat lebih tajam, sampai diffuser. Namun bila diperhatikan pada Honda Fit di Jepang nampaknya sektor depan dan interior juga ikut mendapat revisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com