Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Lawan Serius buat Yaris dan Jazz

Kompas.com - 22/03/2017, 11:43 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar hatchback segmen-B di Indonesia masih didominasi oleh Honda Jazz dan Toyota Yaris. Buat yang tak mau ikut mainstream, rasanya akan mengalami dilema, karena pilihan lain di luar dua penguasa itu juga sedang melempem.

Jazz dan Yaris seakan asyik bertarung sendiri. Sementara jika dilihat dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) awal tahun ini, praktis model di luar keduanya hanya bisa ”nonton”.

Sementara ini, Jazz kembali memimpin segmen yang biasanya banyak digandrungi anak muda ini. Januari terjual 1.884 unit, Februari 1.394 unit. Totalnya menjadi 3.278 unit, menguasai pasar 53 persen. Yaris pada Januari terjual 1.265 unit, Februari 1.335 unit. Total 2.600 unit, dengan share 42 persen.

Bayangkan, 95 persen pasar hatchback segmen-B dikuasai dua merek. Sementara 5 persen sisanya diperebutkan ramai-ramai oleh beberapa merek.

carsguide.com/Honda Pilihan body kit tersedia untuk Jazz lawas lansiran 2007-2010.
Sebut saja Suzuki Swift, yang kelihatanannya sedang menghabiskan stok untuk menunggu yang baru. Model yang sempat jaya dan menjadi lawan kuat Yaris dan Jazz itu cuma terjual 51 unit dalam dua bulan pertama 2017.

Mazda2? Ini yang tragis. Jika tahun lalu, model ini bisa meraih market share sampai 12 persen, sejak ada berita pergantian agen pemegang merek dari Mazda Motor Indonesia ke Eurokars, banyak konsumen jadi menahan diri.

Mazda2 dengan segenap keunggulannya cuma terjual 54 unit dalam dua bulan. Bandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang bisa melesat 800-an unit.

Justru KIA All New Rio yang tampak menggeliat. Merek Korea Selatan ini mampu menjual 84 unit dalam dua bulan pertama 2017. Lalu, ada MINI Cooper (Gaikindo tak membedakan hatchback premium di kelas sendiri) dengan 67 unit, VW polo dengan 24 unit, Hyundai All New i20 dengan 17 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com