Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprillia Bakal Gunakan Girboks dan Sasis Baru

Kompas.com - 11/05/2017, 09:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jerez, KompasOtomotif -  Merek asal Italia, Aprilia, bakal memperkenalkan girboks dan sasis baru untuk MotoGP 2017. Mereka sudah mengembangkan RS-GP, prototipe terbaru dari programnya saat ini, sejak diperkenalkan pada awal musim 2016.

Mengutip Motorsport.com, Rabu (10/5/2017), proyek tersebut termasuk modifikasi berat pada bagian mesin, yang siap dipasangkan dengan girboks baru. Salah satu pebalapnnya, Aleix Espargaro mengatakan kalau pembaruan ini bakal digunakan di Mugello atau Barcelona pada Juni mendatang.

"Ini adalah salah satu hal yang besar untuk musim 2017.  Ini transmisi yang jauh lebih ringan, lebih cepat, dan mulus. Sudah cukup siap (modifikasi terbaru). Mereka sudah mencobanya di tes dyno, dan rencananya akan digunakan mungkin di Mugello atau Barcelona, tapi kita masih belum tahu,” ujar Espargaro.

"Ketika tim melakukan uji coba, mungkin ini bekerja dengan sangat baik, tapi mungkin juga akan menemukan beberapa masalah. Pastinya hal pertama yang harus dilakukan adalah mencoba di lintasan,” ucap Espargaro.

Bergabung dengan Aprillia dari tim Suzuki, Espargaro berhasil finis di urutan keenam pada pembuka musim di Qatar dan kemudian kesembilan di Jerez. Kedua hasil tersebut diperburuk dengan kegagalan di Argentina dan Austin.

Espargaro dan Sam Lowes sama-sama ingin memperbaiki keandalan bagian depan sepeda motor, dan opsi modifikasi baru ini disebut sangat tepat, karena ditujukan untuk memberi bobot lebih pada ujung depan motor.

"Kami memindahkan banyak pusat gravitasi, dan banyak mengubahnya pada musim lalu, saat ini akan sulit melangkah lebih jauh. Jadi kami akan merangkai frame baru, yang menurut saya akan sangat menarik bagi kita,” ujar Espargaro.

"Tim bekerja dengan cepat. Ini sangat berbeda dan ini memungkinkan kami untuk memindahkan lebih banyak bobot dan keseimbangan motor. Akan menyenangkan untuk bisa menggunakannya di Mugello, di mana merupakan trek yang sangat menarik dan penting,” kata Espargaro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com