Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertarungan "Sedarah" MPV 7 Penumpang

Kompas.com - 08/05/2017, 09:27 WIB

Jakarta, KompasOtomotif -Avanza dan Calya memang "terlahir" dengan merek sama yakni Toyota. Keduanya juga mengadopsi konsep MPV 7 penumpang. Hanya segmentasi yang memisahkan model tersebut.

Calya muncul dengan konsep MPV murah yang bersaing di kelas Low Cost Green Car (LCGC). Kendati dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, Calya belum bisa mengeser keperkasaan penjualan Avanza.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, Avanza setiap bulan laku sekitar 8.000 – 9.000 unit.

 

“Calya yang tadinya kami prediksi bisa menggantikan Avanza ternyata hanya sekitar 6.000 – 7.000 unit, itu nomor dua,” kata Soerjopranoto, di Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Meski belum bisa menyaingi Avanza, Calya tetap fenomenal buat Toyota. Pesaing Datsun Go+ Panca tersebut langsung melejit penjualannya begitu diluncurkan pada tahun lalu.

Bahkan, dalam beberapa bulan awal penjualan, Calya sempat menjadi nomor satu. Menurut Soerjopranoto hal itu bisa kejadian karena suplai Avanza saat itu dikurangi. Walau sudah pakai strategi seperti itu, Avanza tetap kembali lagi jadi yang utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com