Sabtu, 25 Maret 2017

Otomotif

Harga Tabrakan, Mazda CX-3 dan CX-5 Saling Makan ?

Febri Ardani/KompasOtomotif Mazda CX-3 resmi diperkenalkan saat pembukaan stan Mazda di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (11/8/2016).

Jakarta, KompasOtomotif – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai agen pemegang merek baru mobil merek Mazda di Indonesia bersiap menjual CX-3 tahun ini. Tentunya, perlu disoroti soal harga yang dikabarkan bakal berisnggungan dengan CX-5 yang saat ini sudah eksis.

EMI memang belum resmi mengumumkan harga crossover ini. Namun bocoran dari internal EMI menunjukkan bahwa banderol model ini siap beririsan dan bersaing dengan saudara sendiri. Tipe touring Rp 399 juta, sementara GT (Grand Touring) sudah sampai di angka Rp 459 juta.

Wow, ternyata cukup tinggi. Ekspektasi KompasOtomotif sebelumnya, harga tak akan lebih dari Rp 400 jutaan, mengingat sudah ada CX-5 yang nangkring di sana.

Dari website resmi Mazda Indonesia, Harga CX-5 versi terendah (Sport) ada di angka Rp 425,1 juta. Lalu tipe Urban Rp 464,4 juta, Touring Rp 485,3 juta, dan tertinggi tipe Grand Touring yang tembus Rp 517,1 juta. Terbayang sudah, jika CX-3 meluncur, tipe-tipe tengah CX-5 bisa jadi tergerus.

”Saya kira enggak. karena dia masuk di tengah, di antara Mazda2 dan CX-5. Ini kita sengaja cari celah di segmen yang ada, untuk profesional yang sudah mapan, keluarga kecil itu sangat cocok,” kata Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur EMI, (14/3/2017), membantah kemungkinan kanibalisasi.

Justru, menurut Roy, CX-3 akan menjadi tulang punggung baru, begitu juga dengan CX-5 yang tetap akan punya segmen penggemar sendiri.

Mungkin ceritanya akan lain jika CX-5 terbaru yang saat ini masih dijual di Jepang dan belahan dunia lain akan masuk ke Indonesia. Kabarnya, model baru CX-5 akan mengatrol banderol rata-rata Rp 30 jutaan.

Penulis: Donny Apriliananda
Editor : Agung Kurniawan
TAG: