Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sayonara" Mazda VX-1, Si Kembaran Ertiga

Kompas.com - 15/03/2017, 10:47 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tahun ini, bisa menjadi akhir hidup Mazda VX-1 di Indonesia. Pemegang merek yang baru, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) ogah meneruskan jualan model yang merupakan rebadge dari Suzuki Ertiga itu.

Kalau menurut Bonar Pakpahan, Product Planning Expert, usai peresmian EMI sebagai distributor baru Mazda di Indonesia, (14/3/2017), menegaskan bahwa VX-1 sudah tak lagi ada dalam line up. ”Manajemen baru memutuskan tidak melanjutkan lagi,” kata Bonar.

Artinya, siklus hidup model ini memang sudah berakhir sejak tahun lalu. Tak salah juga EMI melempar VX-1 keluar dari line up, mengingat performa penjualan yang tidak sekencang model lain, bahkan kalah jauh ketimbang Ertiga itu sendiri.

”Iya benar, mungkin dari sisi penjualan (VX-1 dicoret dari daftar line up), volumenya. Jadi manajemen baru memutuskan untuk tidak melanjutannya. Tapi aftersales kami berkomitmen untuk jalan terus,” ujar Ricky Thio, Sales, Marketing & Public Relation Director EMI.

Kalau dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun lalu, VX-1 memang melempem. Model ini cuma 27 unit terjual yang dalam setahun. Angka itu bahkan jauh lebih kecil ketimbang pikap BT-50 yang masih lau 136 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com