Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alonso Frustasi dengan Mesin Honda

Kompas.com - 09/03/2017, 19:07 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Crash

Jerez, KompasOtomotifFernando Alonso tak tahan. Dia mengeluarkan pernyataan yang menunjukkan frustasi luar biasa dengan mobil balapnya. Juara dunia F1 musim 2005 dan 2006 itu mengambinghitamkan mesin yang tak punya power, bahkan kalah cepat 30 kpj di trek lurus.

Pebalap Spanyol itu sudah lama mengeluh soal ini. Rupanya, inilah batas kesabaran yang dimilikinya untuk mentoleransi kurangnya tenaga mesin McLaren Honda MCL32 yang ditungganginya.

Usai mengitari 46 kali Sirkuit Jerez dalam tes pra musim kedua tahun ini, (8/3/2017), Alonso hanya menduduki peringkat ke-12 dari 14 pebalap yang turun hari itu.

Catatan waktu terbaiknya bahkan jauh tertinggal, beda hampir 3 detik dengan Valtteri Bottas dengan Mercedes-nya yang mencatat waktu tercepat.

”Sasis terasa baik, semua bisa dikontrol Mobil merespons ubahan direksi dengan baik. Saya gembira dengan keseimbangannya, dan bagaimana mobil melibas tikungan. Saya menikmati. Cuma satu masalahnya, mesin. Tidak ada tenaga dan tidak bisa diandalkan,” kata Alonso.

Dia pun membuka fakta bahwa seharusnya mobil bisa lebih cepat 30 kpj. ”Jika Anda kurang cepat 30 kpj di setiap trek lurus, akan sangat susah mendapat feeling dengan mobil,” ucapnya.

Alonso menginginkan ada respons cepat dari tim. Meski demikian, kritikan ini dia katakan lebih ditujukan untuk Honda, bukan McLaren.

”Ini adalah pertanyaan lebih ke Honda. Saya banyak waktu, seperti yang saya bilang, saya menikmati dan menyiapkan diri sebaik mungkin dari sebelumnya,” kata Alonso.

Pebalap yang juga sering dijuluki ”Mr Eyebrow” oleh pembawa acara Top Gear itu percaya diri, bahwa tahun ini sebenarnya dia merasa kuat. Semua masukan sudah diwujudkan dengan mobil yang baik.

Alonso menantang Honda untuk duduk bersama, membicarakan masalah, dan bersedia untuk menghabiskan sisa tes dua hari untuk melakoni lebih banyak putaran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com