Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan "Hybrid" Toyota Capai 10 Juta Unit

Kompas.com - 15/02/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Tahun ini tahta mobil terlaris di dunia sudah tidak lagi dipegang oleh Toyota, setelah direbut oleh Volkswagen. Namun, produsen Jepang ini, masih mendominasi pasar mobil hibrida (hybrid vehicles/HV), dengan penjualan global kumulatif 10,05 juta unit, yang terkahir tercatat hingga tanggal 31 Januari 2017.

Mengutip Motor1, Selasa (14/2/2017) semua cerita ini dimulai dari generasi perdana Prius, sedan hybrid penumpang yang diproduksi secara massal pertama kali di dunia, diluncurkan pada Desember 1997.

Model ini sekarang sudah memasuki generasi yang keempat, dan menjadi kendaraan pertama yang dibangun dengan platform Toyota New Global Arsitektur (TNGA). Ini membantu Toyota mencapai tonggak 10 juta unit hybrid, yang tercapai hanya dalam waktu sembilan bulan, di mana pada April 2016, jumlahnya masih 9 juta unit.

TMC Prius Generasi Keempat.

Sekarang, pabikan otomotif asal Jepang ini menawarkan 34 model hybrid yang berbeda, termasuk varian dan submodel di lebih dari 90 negara dan wilayah di seluruh dunia.

“Ketika kami meluncurkan Prius, tidak ada yang tahu apakah hibrida itu. Dahulu, mengendarai Prius dianggap orang aneh, tapi saat ini kendaraan HV menjadi sangat popular," ujar Takeshi Uchiyamada, Ketua Dewan Direksi Toyota dan dikenal sebagai bapak dari Prius.

Menariknya lagi, Toyota memperkirakan, tepat pada tanggal 31 Januari 2017 juga, model HV-nya telah menghemat sekurangnya 29 juta kiloliter bensin, dengan sekitar 77 juta lebih ton emisi CO2 yang berkurang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com