Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Nissan Indonesia Tambah Model Lokal?

Kompas.com - 21/12/2016, 09:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Seberapa pun banyaknya model Nissan yang meluncur tahun depan di Indonesia, kemungkinan tidak ada satupun diproduksi dalam negeri. Nissan Motor Indonesia (NMI) memiliki dua pabrik di Purwakarta, Jawa Barat, dengan kapasitas 250.000 unit per tahun namun baru sekitar 42.000 unit yang dimanfaatkan.

NMI saat ini merakit lokal Juke, X-Trail, Serena, Grand Livina, dan Evalia. Selain itu pabrik juga mencetak massal Datsun GO dan GO+ untuk segmen Low Cost Green Car (LCGC). Mengingat ada banyak ruang kapasitas tidak terpakai di pabrik, lantas apakah NMI mau menambah model produksi lokal?

“Itu sesuatu yang kami pelajari, kami perlu memaksimalkan juga peran (merek Nissan) sebagai pemain global. Kami punya produksi kuat di Thailand dan Jepang, selain itu ada juga Free Trade Area (FTA) dengan Thailand dan Jepang,” jawab Presiden Direktur NMI Antonio Zara, di Jakarta, Minggu (18/12/2016).

“Jadi kami perlu mengoptimalkan, ada peluang memperkenalkan produk baru tetapi di saat yang bersamaan kami melihat peluang ekspor. Itu yang kami pelajari untuk memperkuat merek Nissan dan  Datsun,” ucap Zara lagi.

Sayangnya, rencana NMI buat jadi basis produksi model baru tidak akan terjadi dalam waktu dekat. “Tentu saja tidak tahun depan,” kata Zara.

NMI sedang fokus dengan Datsun yang selama ini menjadi penopang kuota produksi sekaligus penjualan. Selama Januari – November penjualannya sudah mencapai hampir 25.000 unit. Sedangkan, Nissan hanya setengahnya, sekitar 12.500 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com