Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Hyundai-Kia Bertahan Dominan di Rumah Sendiri

Kompas.com - 30/11/2016, 14:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber yonhap.com

Seoul, KompasOtomotifHyundai dan Kia menyatukan tekad untuk tak tergerus di tanah kelahiran sendiri. Dua merek satu atap ini siap menembakkan banyak amunisi untuk pasar dalam negeri tahun depan, demi memenangkan kembali market share yang hilang.

Telah terkonfirmasi, dua merek ini menyiapkan tujuh model, atau lebih rendah dari peluncuran model baru tahun ini yang mencapai sembilan model. Beberapa di antara tujuh itu adalah mobil yang tak pernah muncul sebelumnya, di mana bakal membantu membuka segmen baru.

Model pertama dan yang cukup besar diharapkan adalah All New Kia Morning (Picanto). Model ini beberapa kali muncul dalam spyshot, menandakan siap diproduksi. Model ini menjanjikan mimik yang mirip Rio, mendapat polesan interior baru dengan dashboard premium.

carplace.uol.com.br Hyundai Creta STC (Sport Truck Concept).
Model kedua adalah Hyundai Grandeur hybrid 2017. Mobil ini sudah meluncur minggu lalu di Korea Selatan dengan pilihan mesin berbahan bakar bensin, solar, dan LPG.

Ketiga, Hyundai juga akan mengenalkan Genesis G80 diesel. Seharusnya buat tahun ini, namun ada pengawasan ekstra soal emisi gas buang mobil diesel, membuat perusahaan harus menundanya sampai tahun depan. Ada lagi, Genesis G70 yang membidik kepala BMW Seri 3.

Sementara itu, Kia Motors siap meluncurkan sport sedan, pertama kali buat merek ini, yang kabarnya bakal diberi nama Kia K8 atau Kia Stringer. Model lain yang juga disebut adalah Hyundai Creta, SUV segmen-B yang siap menantang Nissan Juke dan Toyota CH-R.

Terakhir, generasi baru Kia Pride. Model baru ini sudah menyentuh diler di China dengan nama Kia K2 sedan. Penamaan memang beda-beda, di Indonesia mobil ini  juga sempat mewarnai hatchback mini sebelum muncul Rio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com